Ini Bahaya Terlalu Banyak Minum Air Putih Bagi Tubuh Anda
Sumber: forum.kompas.com

Health / 20 July 2016

Kalangan Sendiri

Ini Bahaya Terlalu Banyak Minum Air Putih Bagi Tubuh Anda

Mega Permata Official Writer
9884

Kita tahu secara umum meminum banyak air putih atau air mineral baik untuk tubuh. Dengan mengkonsumsi banyak air maka racun-racun di tubuh terbuang dan dikeluarkan lewat air seni. Untuk itu kita dianjurkan mengkonsumsi air mineral delapan gelas per hari. Tubuh manusia memang membutuhkan cairan tetapi bagaimana jika kita mengkonsumsi air mineral berlebihan? Berikut beberapa bahaya jika kita minum air berlebihan;

Pertama, Merusak Komposisi Darah

Darah umumnya memiliki plasma darah dengan kadar kekentalan secara fisiologis terukur seimbang. Tetapi bila kita terlalu banyak minum maka akan dikhawatirkan terjadi gangguan pada kadar kekentalan darah. Disebut dengan hiponatremia atau kekurangan kadar natrium, dimana kadar cairan dalam tubuh meningkat dan sel-sel dapat mengalami pembengkakan.

Kedua, Meningkatkan Jumlah Volume Darah

Volume air yang meningkat seiring dengan meningkatnyaa tekanan pada sistem pembuluh darah tertutup. Kondisi ini akan membuat organ ginjal bekerja keras memompa mengurangi jumlah air dalam sirkulasi darah dalam tubuh.

Ketiga, Kerusakan Ginjal

Saat kita mengkonsumsi air berlebih dalam waktu singkat yang akan terjadi adalah darah dalam tubuh menjadi lebih encer dan ginjal tidak dapat menjaga keseimbangan natrium dalam tubuh. Natrium sendiri berfungsi mengatur keseimbangan cairan tubuh. Jika tak bekerja efektif dan kekurangan natrium maka menyebabkan kelelahan, mual dan sulit menahan buang air kecil.

Keempat, Berpengaruh pada Jantung

Dengan banyaknya air yang kita konsumsi selain menyebabkan peningkatan volume darah pada tubuh hal ini dapat menyebabkan tekanan darah juga meningkat, sehingga bisa mempengaruhi pembuluh darah dan tekanan jantung Anda juga.


Sumber : berbagai sumber/Jawaban.com/em
Halaman :
1

Ikuti Kami