5 Tanda Anda Berhasil Lewati Kesulitan Dengan Bijak dan Dewasa
Sumber: www.billboard.com

Single / 14 July 2016

Kalangan Sendiri

5 Tanda Anda Berhasil Lewati Kesulitan Dengan Bijak dan Dewasa

Mega Permata Official Writer
3744

Ada pepatah mengatakan, kebijaksanaan dapat dilihat dari umur mereka. Pada waktu kita kecil beberapa orang dewasa atau orangtua kita mengatakan ‘bila kamu sudah dewasa pasti akan mengerti’. Dan ketika kita sudah beranjak dewasa dan mengalami segudang permasalahan, akhirnya kita baru menyadari bahwa betapa benar perkataan orangtua kita. 

Semakin Anda melaluinya dengan baik maka Anda semakin bijaksana. Semakin Anda memiliki banyak kesalahan dan mau belajar dari kesalahan, Anda akan semakin banyak wawasan, ilmu, dan pengalaman dalam mengatasi sesuatu hal. Anda pun juga dapat saling berbagi kepada orang-orang terdekat Anda. Berikut beberapa tanda bahwa cukup bijak dalam melewati kesulitan-kesulitan;

Pertama, Anda tahu perbedaan dari kasih, nafsu dan ketergantungan emosional

Anda sendiri tahu apa yang dapat membuat diri Anda merasa senang. Anda mampu mengatakan perbedaan antara seseorang yang membuat Anda seperti membutuhkan oranglain, dan seseorang yang menguatkan hati Anda, dan menjadi kepentingan dalam diri Anda. Secara objektif Anda mampu memahami hubungan yang Anda jalani, dan tahu hubungan seperti apa yang Anda inginkan. Selain itu, Anda pasti tahu bagaimana mengasihi sesama dan menghargai diri Anda. 

Kedua, Anda bukan orang yang mudah menyerah, tapi anda tahu kapan harus berhenti 

Saat Anda mengalami beberapa kegagalan dalam kehidupan ini dan Anda telah bekerja keras demi mendapatkannya dengan/atau memberikan batas waktu, tapi ternyata itu adalah hal yang sulit dilakukan maka jika  Anda  memutuskan untuk melepaskannya hal itu tidak perlu disesali, karena Anda sudah mencoba dengan maksimal. Selain itu jika Anda melepaskan hal tersebut, Anda tidak lagi membuang-buang waktu karena dengan demikian ada hal  lain yang lebih baik yang bisa dilakukan sekarang. Jadi Anda harus tahu kapan harus berhenti dengan memperbarui dan membuat sesuatu lebih baik lagi dikemudian hari. 

Ketiga, Belajar dari kegagalan bahwa tidak ada yang sempurna di dunia ini

Tidak masalah Anda belajar dari kegagalan, itu mengingatkan Anda tidaklah sempurna. Anda juga belajar bahwa meminta bantuan bukanlah hal yang salah tetapi pertanda dari kekuatan, bukan kelemahan. Ketika Anda bertemu seseorang yang lebih muda dan melihat sifat sombongannya, Anda menjadi teringat bahwa betapa mengganggunya Anda saat diusianya. Hal ini mengajarkan Anda untuk tetap rendah hati.

Keempat, Anda tidak mudah terbuai dengan pujian

Anda tentu sudah berpengalaman dan sudah sering bertemu dengan banyak orang dari kalangan berbeda. Anda telah belajar untuk membedakan perbedaan antara pujian palsu dan pujian yang tulus. Satu-satunya pujian yang dapat diambil adalah pujian yang datang dari orang-orang berhati baik dan murni. Pujian akan sangat berarti ketika pujian diberikan oleh seseorang yang sangat peduli dengan Anda.

Kelima, Saling berbagi pengalaman dan nasihat-nasihat

Ketika Anda sudah memiliki banyak pengalaman hidup dalam melewati kasus atau persoalan, Anda akan cenderung memberikan banyak tips atau cerita-cerita kepada rekan yang membutuhkan motivasi hidup. Anda sangat membantu orang-orang dalam menghadapi kesulitan dan mereka pun tertolong. Anda pun akan sangat menikmatinya. 

Tetaplah menjadi bijak dalam menghadapi persoalan dan melihatnya sebagai pelajaran hidup. Hidup pun akan terasa nikmat jika kita semua saling mengasihi dan dapat berguna bagi oranglain. 

Sumber : Lifehack.org/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami