Susah Bangunkan Anak Dari Tidurnya, Simak 5 Tips Mudah Ini
Sumber: agoodparenting.com

Parenting / 11 July 2016

Kalangan Sendiri

Susah Bangunkan Anak Dari Tidurnya, Simak 5 Tips Mudah Ini

Mega Permata Official Writer
3548

Liburan telah usai dan saatnya Anda kembali ke rutinitas sehari-hari salah satunya yaitu membangunkan anak-anak di pagi hari. Setelah beberapa hari liburan otomatis kebiasaan bangun pagi si anak menjadi melonggar, dengan kata lain mereka tidur lebih lama dan bangun lebih siang. Semua orangtua pasti pernah mengeluhkan susahnya membangunkan anak-anak mereka, baik diusianya yang balita ataupun remaja. Apalagi bila mereka sudah kembali bersekolah. Pagi hari seakan menjadi saat dimana setiap orangtua bergulat dengan proses yang panjang saat akan membangunkan mereka. Nah, berikut tips mudah membangunkan anak-anak Anda;

Pertama, Ketahui pola tidur anak secara umum

Secara umum kita mengetahui bahwa anak-anak sekolah harus cukup tidur dengan waktu sekitar 8 hingga 9 jam sehari. Menurut Helene Emsellem dari Center for Sleep and Wake Disorders Chevy Chase, seperti dikuti kompsa.com mengatakan, “Sulit bangun pagi pada anak remaja itu bukanlah masalah kebiasaan melainkan masalah biologis”. Anak-anak, terutama remaja secara biologis baru akan tertidur di sekitar pukul 11 malam. Itu sebabnya, Anda sulit meminta mereka segera bangun, membuka mata, kemudian mandi dan bersiap ke sekolah.

Kedua, Berikan rasa tanggung jawab

Ajak anak Anda berdiskusi untuk bagaimana baiknya dalam membangunkan tidur. Tanyakan pada mereka untuk dibangunkan jam berapa dan berikan konsekuensi juga bilamana ia tidak berhasil bangun tepat waktu. Hal ini dilakukan untuk melatih rasa tanggung jawab mereka. Catatlah sebagai jadwal atau perjanjian. Lakukan ini selama beberapa minggu. Perhatikan sejauh mana perubahan pada pola tidur dapat membantu mereka bangun lebih pagi. 

Ketiga, Coba trik yang berbeda

Beberapa anak bisa dengan mudah terbangun ketika lampu kamar dinyalakan, AC atau kipas angin dimatikan. Bagi anak lain, metode yang tepat dengan cara mengguncang-guncakan badan mereka. Cari metode yang paling ampuh dan sesuai dengan anak Anda.

Keempat, Jauhkan Televisi, Gadget, hingga Game dari kamar mereka

Hal ini baik dan perlu dilakukan. Hindari televisi, komputer, atau gadget lainnya yang dapat membuat mereka lupa waktu di kamarnya. Batasi penggunaan-penggunaannya. Katakan pada anak-anak Anda bahwa kamar tidur hanya digunakan sebagai tempat istirahat dan juga belajar, dan telivisi maupun gadget lainnya, sebaiknya berada di luar kamar karena mereka masih dibawah pengawasan orangtua.

Kelima, Buatkan sarapan favoritnya

Cobalah untuk membuatkan sarapan favoritnya, seperti nasi goreng, roti bakar atau panggang, dan chicken soup. Aroma kesukaannya itu dapat membuat anak mudah bangun dari tempat tidurnya.

Yup, terapkan pada anak-anak Anda untuk selalu bangun di pagi hari, baik pada saat sekolah maupun liburan sekolah. Bila diterapkan dari kecil, maka lantas mereka besar tidak perlu lagi alarm atau beker karena bangun pagi otomatis tersetting dalam pikiran mereka. Lagipula bangun di pagi hari dengan udara yang masih fresh, sangat baik bagi kita semua.

Sumber : berbagai sumber/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami