Empat Pastor Perancis Pelaku Paedofilia Diskors!
Sumber: www.telegraph.co.uk

Internasional / 8 July 2016

Kalangan Sendiri

Empat Pastor Perancis Pelaku Paedofilia Diskors!

daniel.tanamal Official Writer
2642

Empat pastor Perancis yang diduga melakukan aktivitas paedofilia dan kini kasusnya sudah diketahui oleh otoritas kehakiman setempat, diskors oleh Philippe Barbarin, Uskup Agung Lyon. Barbarin tak memberikan informasi lebih lanjut tentang hal ini namun juga mengatakan bahwa sejumlah pastor lainnya turut ditindak secara khusus.

Barbarin sempat diinterogasi oleh kepolisian selama lebih dari sepuluh jam terkait aktivitas paedofil pastor Bernard Preynat pada 1990-an dan mengapa tidak segera dilaporkan ke otoritas setempat. Preynat akhirnya baru diselidiki pada Januari lalu atas tuduhan pelecehan seksual terhadap anak laki-laki Katolik pada 1991.

Pengacara Preynat mengatakan bahwa kliennya mengakui perbuatannya. Preynat akhirnya dibebaskan dengan jaminan. Beberapa korban pelecehan seksual lainnya juga sudah mengajukan protes terhadap Kardinal Barbarin karena tak melaporkan insiden tersebut kepada otoritas. Namun, Barbarin mengaku tak melakukan kesalahan, tapi mengatakan bahwa ada "kesalahan dalam manajemen dan penugasan beberapa pastor."

Pelecehan seksual di lingkungan Gereja Katolik sendiri mencuat pada 2002, ketika para uskup di wilayah Boston ditemukan berpindah gereja dari satu tempat ke tempat lain untuk menutupi skandal pelecehan terhadap anak yang mereka lakukan. Kisah ini diungkap dalam film "Spotlight" yang baru saja memenangkan Film Terbaik dalam ajang penghargaan Academy Awards 2016.


Sumber : cnnindonesia
Halaman :
1

Ikuti Kami