Ini Caranya Dapatkan Uang Pecahan Lebaran Tanpa Biaya!

Ini Caranya Dapatkan Uang Pecahan Lebaran Tanpa Biaya!

daniel.tanamal Official Writer
1973
Seperti biasa, tradisi di Hari Raya yang selalu dilakukan adalah bagi-bagi uang berkat dalam bentuk pecahan kecil, terutama untuk anak-anak dan saudara-saudara sebagai bentuk silaturahmi hari raya dan perhatian. Tidak heran saat ini permintaan uang pecahan kecil biasanya meningkat.

Nah, agar menghindari jasa penukaran uang tak resmi yang memungut biaya, berikut ini cara mendapatkan uang pecahan kecil yang aman dan murah untuk Lebaran:

1.Tukar di bank
Biasanya jelang Lebaran bank menawarkan jasa penukaran uang pecahan kecil. Bahkan ada pula bank yang memberikan layanan serupa di tempat-tempat umum. Menukar uang di sini gratis dan dijamin keasliannya. Tapi bila bank tidak menyediakan jasa ini, bisa menukar uang receh di Bank Indonesia (BI). Bank sentral memang melayani masyarakat yang menukarkan Rupiah dari pecahan besar ke kecil atau sebaliknya.
Ketika menukarkan uang di BI, ingat agar melakukannya hanya dalam sekali transaksi. Sebab, sistem dalam BI akan menolak penukaran yang dilakukan lebih dari sekali. Lakukan penukaran jauh hari sebelum Lebaran untuk menghindari antrean yang panjang.

2.Tukar di mini market
Bila tempat kerja atau rumah jauh dari bank, coba lakukan penukarang uang di mini market. Namun, penukaran uang di tempat ini tidak bisa terlalu banyak. Alasannya karena mini market juga butuh uang receh untuk uang kembalian. Bila kebutuhan pecahan keci cukup besar, Anda bisa melakukan penukaran dengan cara mencicil setiap hari. Coba pilih waktu penukaran ketika mini market akan tutup. Sebab, saat itu kebutuhan untuk uang receh tidak terlalu besar.

3.SPBU
Tempat ini juga menjadi alternatif penukaran uang receh. Tapi, nilai yang efektif ditukarkan di sini biasanya pecahan Rp5.000 ke atas. Untuk menukarkan uang di sini, bisa langsung masuk ke kantor dan menemui petugas yang ada di sana. Sebab, petugas pengisi bahan bakar biasanya tidak melayani penukaran uang dalam jumlah besar.

4.Di rumah Anda sendiri
Sebenarnya ada banyak sumber-sumber uang receh yang tidak Anda sadari ada di sekitar kamu. Salah satu contohnya adalah celengan anak. Bila jumlahnya sudah cukup banyak, kamu bisa menukarkannya dengan pecahan yang besar. Selain celengan anak, periksa juga tempat-tempat di mana biasa menyimpan receh seperti di dalam mobil dan lemari.


Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami