Mega Permata

Official Writer
17631


Menjelang beberapa hari menyambut Hari Idul Fitri 1437 H, Vatikan bersama dengan Dewan Kepausan untuk Dialog Antarumat Beragama atau The Pontifical Council for Interreligious Dialog, menyampaikan pesan Ramadan kepada umat Islam di seluruh dunia. Pesan itu dituliskan dalam dokumen yang diberi judul ‘Christians and Muslims: Beneficiaries and Instruments of Divine Mercy’ dan ditandatangani oleh Kardinal Jean-Louis Tauran dan Uskup Miguel Angel Ayuso, masing-masing sebagai presiden dan sekretaris dikasteri.

Pesan tersebut sudah menjadi tradisi tahunan bagi Vatikan dan telah berlangsung sejak 43 tahun yang lalu. Hal itu dijelaskan oleh Pejabat Kedutaan Indonesia untuk Vatikan, Sturmius Bate, Jumat (1/7). Biasanya pesan tersebut dikirim menjelang akhir bulan suci Ramadan atau sebelum Idul Fitri, baik melalui perwakilan diplomatik negara sahabat maupun melalui Kedutaan Besar Vatikan di seluruh dunia.

Dalam pesan Ramadan dan Idul Fitri 1437 H, salah satunya berisikan mengenai spiritual agar umat Islam yang menjalankan ibadah puasa mendapatkan pahala berlimpah. Vatikan juga menyampaikan harapan semoga Ramadan menjadi momentum yang tepat untuk memperkuat ikatan keagamaan antara umat Kristiani dan Islam. 

Pesan Ramadan dikutip juga dari pernyataan Paus Fransiskus dalam Jubilee of Mercy yaitu sebagai momentum untuk saling memaafkan, saling mengampuni, momentum untuk menyembuhkan luka yang diakibatkan oleh konflik serta momentum yang tepat untuk rekonsiliasi dalam khotbah Paus tertanggal 11 April tahun lalu.

Yang perlu digarisbawahi dalam pesan tersebut bahwa umat Kristiani dan Islam terpanggil untuk mendekatkan diri dengan Sang Pencipta dengan cara mengasihi dan menyayangi satu sama lain. Vatikan juga mendorong kedua umat terkasih ini untuk memberi perhatian terhadap mereka yang berkondisi tidak baik dalam konflik dan peperangan, korban perdagangan manusia, kaum miskin, penderita sakit, korban bencana alam serta pengangguran yang diakibatkan oleh ketidakadilan sosial.

Ini adalah sumber harapan yang besar ketika Umat Kristiani dan Islam bergabung mengalami dan mendengarkan, bergandengan tangan, bersama-sama mengindahkan perintah dan kemurahan dari Tuhan secara individu maupun komunal. Kardinal Tauran mengakhiri pesan dengan mengekspresikan doa dan harapannya semoga umat Islam mendapatkan berkah yang berlimpah dan sukacita dalam perayaan Idul Fitri. “Semoga Tuhan Yang Mahakuasa menuntun kita untuk berjalan sepanjang jalan kebaikan dan kasih sayang.”

Sumber : Antaranews/Satuharapan/Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

2 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

Natalia Christian 9 June 2020 - 10:03:12
Saya ingin sekali dibantu doa oleh teman2 seiman s... more..

IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Banner Mitra Juli 1-2


7244

Banner Mitra Juli 1-2