Ini Pesan Vatikan Untuk Umat Muslim Dunia Sambut Hari Raya Idul Fitri
Sumber: Reuters

Internasional / 4 July 2016

Kalangan Sendiri

Ini Pesan Vatikan Untuk Umat Muslim Dunia Sambut Hari Raya Idul Fitri

Mega Permata Official Writer
24385

Menjelang beberapa hari menyambut Hari Idul Fitri 1437 H, Vatikan bersama dengan Dewan Kepausan untuk Dialog Antarumat Beragama atau The Pontifical Council for Interreligious Dialog, menyampaikan pesan Ramadan kepada umat Islam di seluruh dunia. Pesan itu dituliskan dalam dokumen yang diberi judul ‘Christians and Muslims: Beneficiaries and Instruments of Divine Mercy’ dan ditandatangani oleh Kardinal Jean-Louis Tauran dan Uskup Miguel Angel Ayuso, masing-masing sebagai presiden dan sekretaris dikasteri.

Pesan tersebut sudah menjadi tradisi tahunan bagi Vatikan dan telah berlangsung sejak 43 tahun yang lalu. Hal itu dijelaskan oleh Pejabat Kedutaan Indonesia untuk Vatikan, Sturmius Bate, Jumat (1/7). Biasanya pesan tersebut dikirim menjelang akhir bulan suci Ramadan atau sebelum Idul Fitri, baik melalui perwakilan diplomatik negara sahabat maupun melalui Kedutaan Besar Vatikan di seluruh dunia.

Dalam pesan Ramadan dan Idul Fitri 1437 H, salah satunya berisikan mengenai spiritual agar umat Islam yang menjalankan ibadah puasa mendapatkan pahala berlimpah. Vatikan juga menyampaikan harapan semoga Ramadan menjadi momentum yang tepat untuk memperkuat ikatan keagamaan antara umat Kristiani dan Islam. 

Pesan Ramadan dikutip juga dari pernyataan Paus Fransiskus dalam Jubilee of Mercy yaitu sebagai momentum untuk saling memaafkan, saling mengampuni, momentum untuk menyembuhkan luka yang diakibatkan oleh konflik serta momentum yang tepat untuk rekonsiliasi dalam khotbah Paus tertanggal 11 April tahun lalu.

Yang perlu digarisbawahi dalam pesan tersebut bahwa umat Kristiani dan Islam terpanggil untuk mendekatkan diri dengan Sang Pencipta dengan cara mengasihi dan menyayangi satu sama lain. Vatikan juga mendorong kedua umat terkasih ini untuk memberi perhatian terhadap mereka yang berkondisi tidak baik dalam konflik dan peperangan, korban perdagangan manusia, kaum miskin, penderita sakit, korban bencana alam serta pengangguran yang diakibatkan oleh ketidakadilan sosial.

Ini adalah sumber harapan yang besar ketika Umat Kristiani dan Islam bergabung mengalami dan mendengarkan, bergandengan tangan, bersama-sama mengindahkan perintah dan kemurahan dari Tuhan secara individu maupun komunal. Kardinal Tauran mengakhiri pesan dengan mengekspresikan doa dan harapannya semoga umat Islam mendapatkan berkah yang berlimpah dan sukacita dalam perayaan Idul Fitri. “Semoga Tuhan Yang Mahakuasa menuntun kita untuk berjalan sepanjang jalan kebaikan dan kasih sayang.”

Sumber : Antaranews/Satuharapan/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami