Ternyata, Guru Vokal Grup Musik Bimbo adalah Seorang Pendeta
Sumber: Istimewa

Nasional / 1 July 2016

Kalangan Sendiri

Ternyata, Guru Vokal Grup Musik Bimbo adalah Seorang Pendeta

daniel.tanamal Official Writer
32027

Indahnya toleransi dan keberagaman di Indonesia yang dapat saling mengisi satu sama lain, tercermin dari Bimbo, grup musik religi Islami asal kota Bandung yang cukup legendaris di jagat musik lawas negeri ini. Karakter vokal mereka bertiga yaitu Muhammad Samsudin Dajat Hardjakusumah (Sam), Darmawan Dayat Hardjakusumah (Acil) dan Jaka Purnama Dajat Hardjakusumah (Jaka) yang sangat kuat dan khas, sedikit banyak berkat polesan seorang Pendeta Kristen.

Pendeta keturunan Ambon tersebut bernama John Patirane, yang kebetulan rumahnya saling berdekatan dengan Bimbo di Bandung, Jawa Barat. Kala itu, era 1958 sampai 1963, Bimbo meminta Patirena untuk mengajar vokal. Sang pendeta pun menerima Bimbo sebagai muridnya. "Saya belajar nyanyi sama beliau. Bimbo itu tiga suara bisa diatur jadi bagus. Saya tenor, Acil bariton dan Jaka suara satu. Kami dilatih sampai benar-benar dapat harmoni," kata Sam kepada CNNIndonesia.com, dirilis Jumat, (01/07/2016).

Seminggu sekali mereka rutin berkunjung ke rumah Patirane untuk memperoleh pelajaran baru. Bukan pelajaran agama, melainkan pelajaran musik dan cara bernyanyi yang baik. Patirane mengajar secara sukarela, tanpa bayaran. Bagi Bimbo sendiri, perbedaan agama di antara mereka tak menjadi masalah. Sam merasa setiap manusia bisa mendapat ilmu dari mana saja. Tidak perlu memandang perbedaan, apalagi perbedaan agama. "Saya enggak lihat agama, tapi melihat ilmu. Seperti kita naik pesawat kan enggak melihat agama pilotnya apa. Seperti seni patung yang ada di Candi Borobudur itu warisan agama Buddha, Hindu, kan enggak mungkin dihancurkan," kata Sam.

Sam menjelaskan bahwa hidup bermasyarakat tidak bisa menjadi orang yang kaku, yang menganggap sesuatu salah jika berada di pihak yang berseberangan. Orang-orang harus bisa menghormati perbedaan dan tidak perlu menghancurkan hal-hal yang berlawanan.

Grup yang terbentuk sejak 1967 ini telah merilis beberapa album musik pop, juga religi Islami. Pada masanya, lagu-lagu religi Islami yang dibawakan Bimbo pernah merajai dunia hiburan. Hampir setiap saat, wajah mereka beradar di layar kaca. Begitu pun lagu-lagu mereka mengalun di radio.


Sumber : CnnIndonesia
Halaman :
1

Ikuti Kami