Pilih Menikah di Luar Negeri? Ini 6 Hal yang Perlu Kamu Persiapkan
Sumber: weddings.honeymoondreams.co.uk

Single / 28 June 2016

Kalangan Sendiri

Pilih Menikah di Luar Negeri? Ini 6 Hal yang Perlu Kamu Persiapkan

Lori Official Writer
8924

Memutuskan membawa hubungan ke jenjang pernikahan adalah hal yang paling membahagiakan. Sebab bagi setiap orang yang berkeinginan untuk membina rumah tangga, pernikahan adalah pintu utama untuk masuk ke dalam kehidupan baru tersebut. Bagi mereka yang sudah merencanakannya akan mulai memikirkan konsep pernikahan yang mereka inginkan sesuai dengan kesepakatan bersama. Ada yang mengharapkan konsep yang sederhana. Ada yang menginginkan konsep yang elegan, mewah dan besar. Adapula yang merencanakan akan menikah baik di suatu pulau, kota atau bahkan di luar negeri.

Menikah di luar negeri bahkan seolah sudah menjadi tren belakangan ini. Sederet artis dan orang-orang ternama bahkan mengikutinya. Alasannya pun beragam, mulai dari memiliki impian pernikahan di negeri orang hingga permasalahan keyakinan. Ketika keputusan menikah di luar negeri sudah diambil, pasangan pun harus rela mempersiapkan beragam keperluan berikut ini:

1. Persyaratan Administrasi

Persyaratan administrasi untuk menikah di dalam dan luar negeri memang tak jauh berbeda. Yang membedakannya hanya beberapa persyaratan administrasi dan proses asministrasi yang dilakukan di kedutaan besar (kedubes) negara yang dituju saja, diantaranya :

- Surat izin dari orang tua atau wali

- Surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) yang dibuat Polres

- Surat pernyataan bahwa belum pernah menikah, dan bagi yang telah berstatus janda atau duda dapat melampirkan Surat Keterangan Belum Menikah Lagi yang bermaterai 6000 disertai dengan fotocopy Akta Cerai, dan memperlihatkan aslinya.

- Surat pengantar dari RT/RW tempat berdomisili sesuai KTP

- Surat pengantar dari Lurah atau Kepala Desa (Form N)

- Paspor

- Fotocopy KTP

- Fotocopy Kartu Keluarga

2. Rencanakan budget pernikahan

Merencanakan budget pernikahan sendiri sudah cukup merepotkan, apalagi ditambah bila harus memperhitungkan nilai tukar yang berubah bergantung dengan inflasi. Yang perlu diingat adalah calon pengantin harus memesan segala sesuatu keperluan di waktu yang tepat dan menyelesaikan segala pembayaran dengan tepat waktu sebelum biaya menjadi berlipat ganda.

3. Memakai jasa Wedding Planner

Memakai jasa wedding planner sangat penting jika hendak mengadakan pernikahan di luar negeri. Mereka akan mmebantu mencari tahu tentang daerah setempat, menguasai bahasa negara tersebut atau mencarikan penerjemah dan menggali informasi tentang tempat-tempat yang bisa smendapat harga terbaik.

4. Menyediakan sarana transfortasi

Keluarga dan teman-teman terdekat tentunya akan diundang untuk menghadiri pernikahan sakral ini. Untuk itu, calon pengantin harus mencari agen travel yang mempunyai penawaran khusus untuk rombongan pengantin. Beberapa hotel di luar negeri juga memberi penawaran paket-paket spesial untuk pernikahan.

5. Perizinan

Acara dengan skala besar yang mengundang publik ramai tentu saja membutuhkan perizinan. Jika semua masalah surat-surat sudah beres oleh pihak wedding planner, tentunya calon pengantin tak lagi perlu risau. Namun tidak ada salahnya untuk mengetahui prosedur yang berlaku.

6. Gunakan jasa spesialis pembayaran internasional

Saat memutuskan menikah di luar negeri, akan banyak sekali pengeluaran akibat pembayaran lintas negara. Karena itu, disarankan untuk menggunakan jasa spesialis pembayaran internasional untuk memangkas biaya-biaya yang tidak penting.

Bagaimana dengan persiapan kamu saat ini? Jangan sampai salah satu poin di atas terlewatkan dan merusak pernikahan impian luar negeri kamu nantinya.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami