Terbongkar! Papirus Kuno ‘Gospel of Jesus Wife’ Ternyata Palsu

Terbongkar! Papirus Kuno ‘Gospel of Jesus Wife’ Ternyata Palsu

Lori Official Writer
4138

Fragmen papirus Koptik kuno ‘Gospelof Jesus Wife’ yang pertama kali dipublikasikan dan diklaim keasliannya itu pada tahun 2012 silam baru-baru ini dinyatakan palsu. Pada 16 Juni lalu, seorang peneliti bernama professor Karen King dari Harvard University menyatakan bahwa papirus yang berisi kalimat ‘Yesus berkata kepada mereka, istriku’ itu palsu.

Hal ini dia sampaikan setelah melakukan investigasi kepada The Atlantic, media yang pertama kali menerbitkan ‘Gospel of Jesus Wife’. Sang pemilik papirus Walter Fritz diduga sebagai dalang dari pemalsuan tersebut. “Sudah terlihat sekarang bahwa semua materi yang diberikan Fritz kepada saya mengenai asal usul papirus tersebut adalah rekayasa (palsu),” ucap King kepada Boston Globe, demikian dikutip dari Christiandaily.com, Senin (20/6).

Dia menambahkan, kesimpulan sementara bahwa papirus itu palsu masih belum mencapai tahap akhir sampai bukti ilmiah benar-benar bisa membuktikannya. Tapi kasus ini menjadi peristiwa menyedihkan bagi media The Atlantic karena sudah kebobolan.

Sebelumnya, papirus ini diduga sebagai bukti ucapan Yesus yang merujuk pada dua subjek sebagai ‘istri’ Yesus yaitu sebutan untuk murid-murid dan untuk Maria Magdalena. Banyak ahli yang kemudian melakukan penelitian untuk membuktikan keasliannya selama empat tahun terakhir ini.

Kritikan akan keaslian papirus ini sudah diterbitkan dalam jurnal Pembelajaran Perjanjian Baru Universitas Cambridge pada tahun 2015 silam. Sejumlah bukti otentik bahwa papirus itu palsu diutarakan oleh Dr Christian Askeland. Dalam jurnal, dia menerangkan bahwa papirus ditulis dengan tinta dan tulisan yang sama dengan papirus yang ditulis dalam Injil Yohanes. Teks itu ditulis dalam dialek Lycopolitan Koptik yang kemudian disalin dalam buku injil Lycopolitan Yohanes pada tahun 1924. Buku ini ditemukan di sebuah kotak di el-Kebir satu tahun sebelumnya. Askeland berpendapat bahwa kedua papirus ini kemungkinan ditulis oleh orang yang sama dan salah satunya pasti rekayasa.

Sumber : Christiandaily.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami