Inilah Negara-negara dengan Penduduk Paling Religius

Internasional / 20 June 2016

Kalangan Sendiri

Inilah Negara-negara dengan Penduduk Paling Religius

daniel.tanamal Official Writer
11384
Sebuah survei terbaru yang dilakukan oleh WIN/Gallup International secara online dan lewat ponsel dengan topik religiusitas, menempatkan beberapa fakta unik mengenai religiusitas yang dianut dan dimaknai oleh masyarakat di negara-negara seluruh dunia.

Dalam survei mengenai negara yang penduduknya paling religius, negara seribu pagoda, Thailand menjadi yang nomor satu. Sekitar 94 persen penduduk Thailand mengatakan bahwa mereka adalah orang yang religius dan hanya satu persen orang yang mengatakan bahwa mereka tak beragama. Dibawah Thailand, ada Armenia yang 93 persen masyarakatnya mengaku kalau mereka adalah orang yang religius.

Jumlah yang dimiliki Armenia ini sama dengan jumlah penduduk religius di Bangladesh (93 persen), Georgia (93 persen) dan Maroko (93 persen). Indonesia sendiri tak masuk dalam lima besar, karena hanya 82 persen masyarakat Indonesia yang mengaku religius. Uniknya, ada sekitar 15 persen responden asal Indonesia yang menyatakan dirinya tidak religius. Selain itu tak ada responden asal Indonesia yang memilih Atheis.

Secara keseluruhan, survei ini menegaskan mayoritas penduduk dunia masih religius. Sebanyak 63 persen responden mengaku sebagai penganut agama tertentu dan menjalankan ibadah rutin. "Tren ke depan, agama masih akan mendominasi jalan hidup manusia di muka bumi. Jumlah orang yang mengaku beragama menunjukkan tanda-tanda peningkatan," kata Presiden Win/Gallup Jean-Marc Leger.

Dari analisis kawasan, jumlah responden mengaku beragama paling besar ada di Afrika (86 persen) dan Timur Tengah (82 persen). Sementara atheis maupun tak beragama paling banyak dari Eropa Timur dan Amerika Utara. Sementara itu, jumlah orang yang memilih tidak beragama juga meningkat. Lima dari 10 orang yang disurvei menyatakan bukan umat agama apapun.




 

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami