Apakah Gaya Hidupmu Sesuai dengan Penghasilanmu? (2)
Sumber: Istimewa

Single / 18 June 2016

Kalangan Sendiri

Apakah Gaya Hidupmu Sesuai dengan Penghasilanmu? (2)

daniel.tanamal Official Writer
3389

Halo sahabat muda, dalam artikel sebelumnya telah dibahas lima tanda untuk keluar dari inflasi gaya hidup. Apa itu inflasi gaya hidup? inflasi gaya hidup adalah situasi dimana kita malah meningkatkan gaya hidup kita disaat gaji kita baru bertambah. Keadaan ini dapat menjadi masalah keuangan jika pengeluaran  ternyata lebih besar dari penghasilan yang didapatkan.

Jadi perlu juga diwaspadai. Lantaran banyak orang yang tidak menyadari inflasi gaya hidup tersebut. Berikut adalah empat tanda lainnya untuk keluar dari inflasi gaya hidup seperti dikutip dari Wisebread, Minggu (16/11/2014).

6 Impulsif dan Hobi Belanja

Semua orang suka untuk mendapatkan barang-barang baru. Daya tarik belanja tanpa memandang usia selalu kuat, bahkan penghasilan bisa habis dalam waktu singkat.

Bila keinginan dan perasaan terburu-buru untuk belanja sehingga memuaskan nafsu dan mengatasi masalah, maka ini indikasi belanja dapat merugikan keuangan Anda. Hal ini dapat diatasi dengan disiplin dirin, tetapi jika itu di luar kendali maka Anda dapat mencari bantuan profesional.

7 Bosan di Rumah

Pembelian meningkat juga dapat menyebabkan kebosanan sehingga mempengaruhi kebiasan belanja. Apakah Anda menemukan diri gelisah di rumah? Apakah Anda sering pergi online atau ke pusat perbelanjaan untuk membeli sesuatu yang tidak perlu dengan hanya untuk memiliki sesuatu?.

Melihat kondisi itu mungkin Anda dapat merencanakan kegiatan dan petualangan lebih produktif bersama teman-teman ketimbang belanja sesuatu yang tidak Anda butuhkan.

8 Tidak mencari penawaran

Kadang-kadang gaya hidup meningkat karena hanya masalah gagal menjadi hemat, hal itu biasanya karena malas. Banyak orang menghabiskan jauh lebih banyak uang dari pada yang mereka butuhkan untuk menghabiskan uang karena mampu membayar harga penuh.

9 Anda Merasa Tak Perlu Simpan Uang

Bila Anda menghabiskan gaji tanpa menyisakan untuk ditabung maka Anda menganggap itu hal tidak perlu dan mustahil dilakukan. Bila memang sulit menabung, Anda dapat memakai tabungan rencana dengan Anda menyetor uang ke rekening khusus, dan tidak diambil dalam jangka waktu tertentu.


Sumber : Liputan6
Halaman :
1

Ikuti Kami