Ditabrak, Replika Bahtera Nuh di Norwegia Rusak Parah
Sumber: www.theguardian.com

Internasional / 17 June 2016

Kalangan Sendiri

Ditabrak, Replika Bahtera Nuh di Norwegia Rusak Parah

Lori Official Writer
4282

Sebuah replika perahu seukuran bahtera Nuh rusak parah setelah bertabrakan dengan kapal penjaga pantai di pelabuhan Oslo, Norwegia. Tabrakan itu terjadi ketika pengemudi perahu lepas kendali dan menabrak sisi bagian ujung bahtera Nuh. Untungnya, tabrakan tidak menyebabkan korban luka.

Padahal replika yang dirancang oleh ahli tukang kayu asal Belanda, Johan Huibers ini dibuat secara khusus sebagai museum pembelajaran tentang kisah perjalanan iman Nuh yang tertulis dalam kitab Perjanjian Lama. Sejak dioperasikan, bahtera ini bahkan selalu dikunjungi oleh satu juta pengunjung. Mereka biasanya datang menyaksikan beragam koleksi replika binatang seperti burung merak, kelinci, ilamas, jerapah, penguin dan harimau.

Terkait tabrakan itu, kepala perusahaan feri di daerah itu, Ole Herman Kjernsby mengatakan kepada media New York Times bahwa tabrakan menimbulkan kerusakan setinggi 45 kaki dan panjangnya sekitar 230 kaki atau seperlima bagian dari keseluruhan bagian dari bahtera Nuh. Sisi badan bahtera yang rusak bahkan menyisakan lubang besar.

Johan huilbers mengatakan perahu Nuh yang memakan waktu pembuatannya selama tujuh tahun ini terinspirasi setelah bermimpi Belanda tengah dilanda banjir.

Kabar rusaknya bahtera ini bahkan ramai diperbincangkan di media sosial. Penulis novel kriminal Tom Egeland menulis sebuah tanda tanya tentang nasib beragam replika yang ada di dalam bahtera tersebut. “Tidak jelas apa yang terjadi atas 8.7 juta x 2 hewan di dalamnya,” tulis Tom, seperti dilansir Relevantmagazine.com.

Sebelum tabrakan, bahtera Nuh ini rencananya tengah dipersiapkan untuk berlayar melintasi samudera Atlantik menuju Brazil. Pelayaran ini bertujuan untuk pengumpulan donasi yang diperuntukkan kepada badan amal lokal.

Hingga saat ini, belum ada kabar pasti tentang kapan dan berapa lama bahtera tersebut akan diperbaiki dan kembali beroperasi.

Sumber : Relevantmagazine.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami