5 Tips Penting Bagi Anda Yang Bekerja Secara Remote
Sumber: http://www.entrepreneur.com

Career / 17 June 2016

Kalangan Sendiri

5 Tips Penting Bagi Anda Yang Bekerja Secara Remote

Mega Permata Official Writer
10631

Bekerja secara remote atau mengerjakan pekerjaan di mana saja, atau bekerja jarak jauh, tampaknya sudah menjadi tren dalam dunia startups ataupun budaya daru perusahaan itu sendiri. Intinya adalah Anda tidak harus menghadiri kantor untuk bisa bekerja. Tetapi ada kemungkinan Anda akan mengalami kesulitan. Meninggalkan rutinitas bekerja di kantor akan terdengar menyenangkan pada awalnya, tetapi untuk sebagian orang yang membutuhkan untuk tetap produktif tanpa aturan cukup sulit. Perbedaan situasi dan kondisi disekitar Anda sangat terlihat. Jika di kantor Anda sudah difasilitasi tetapi saat Anda bekerja secara Remote, Anda harus menyesuaikan diri dengan keadaan sekitar Anda. 

Untuk itu berikut lima tips penting bekerja secara remote berhasil untuk Anda;

Pertama, Tetap Menjalani Rutinitas

Kuncinya adalah tetap rutin menjalankan aktifitas kerja seperti biasanya. Anda tidak lagi memusingkan baju kantor yang belum disetrika bahkan mengejar jam kereta di setiap pagi dan pulang kantor jam 5 sore. Bangun pada waktu yang sama setiap pagi dan pergi untuk olahraga di malam hari setelah bekerja. 

Kedua, Fokus pada energi Anda bukan waktu

Ketika Anda bekerja secara remote, sulit untuk mengetahui berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk pekerjaan. Untuk meningkatkan produktivitas, Anda harus fokus pada energi dan bukan pada waktu Anda. Cara termudah untuk melakukannya adalah mencari tahu ketika Anda sangat produktif atau memiliki energi lebih dan melakukan pekerjaan penting selama waktu luang itu.

Ketiga, Temukan Komunitas Anda

Bekerja secara remote tidak berarti Anda harus berdiam diri di kamar. Justru dengan bekerja secara remote Anda masih bisa bersama komunitas Anda, di mana saja. Ada dimana sebuah komunitas dari pengusaha, pekerja lepas dan pekerja jarak jauh (remote workers) yang berkumpul dan berkembang pesat di seluruh dunia.

Keempat, Tetap menjalin komunikasi seperti biasa

Tanpa komunikasi maka tidak ada perkembangan juga. Tetap terapkan diri Anda untuk selalu berkomunikasi kepada tim Anda secara pribadi. Memang cukup berbeda saat di kantor Anda masih dapat berkomunikasi di jam makan siang atau disela-sela waktu.

Kelima, Melakukan pertemuan

Mengadakan pertemuan seperti wajib. Tidak masalah  bagaimana Anda efesien atau interaktif saat melakukan video chat, itu tidak bisa mengalahkan tatap muka secara langsung dibanding video chat. Sangat sulit untuk memberikan atau menyampaikan kepribadian dan humor kita melalui web atau video chat, maka lebih terasa bila kita mengadakan pertemuan secara langsung.

Itulah yang harus Anda perhatikan bila bekerja secara remote. Bagaimana pun juga Anda harus berhasil menyelesaikan pekerjaan Anda di mana pun. Ada baik dan buruk saat Anda bekerja secara remote salah satunya adalah berteman dengan situasi dan kondisi tempat Anda bekerja.

Sumber : Lifehack.org/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami