Ini Alasan Dua Musisi Kristen Ini Bikin Lagu Religi Muslim

Ini Alasan Dua Musisi Kristen Ini Bikin Lagu Religi Muslim

Lori Official Writer
11825

Jika tahun 2013 silam musisi asal Bali Dewa Budjana memproduksi sebuah album natal bagi umat Kristiani yang kala itu tengah menyambut hari Kelahiran Sang Juru Selamat. Kali ini, giliran musisi Kristen mengikuti jejak yang sama ketika umat Muslim tengah menyambut Ramadan tahun ini.  

Seperti diberitakan sejumlah media, dua musisi kawakan Andre Hehanusa dan rekan seprofesinya Glenn Fredly kabarnya terlibat dalam pembuatan lagu religi Muslim. Andre terlibat dalam penciptaan sebuah single berjudul ‘In Shaa Allah’, sementara Glenn memproduseri album religi berjudul ‘Hidayah’.

Keterlibatan kedua musisi ini memang tidak terlepas dari tudingan dan pertanyaan dari publik. Namun tampaknya mereka meresponi dengan santai. Mereka mengaku punya alasan kuat untuk terlibat menyambut hari raya umat Muslim itu lewat lagu.

Andre Hehanusa, misalnya, mengaku tertarik menciptakan single religi ‘In Shaa Allah’ sebagai wujud toleransinya terhadap agama yang berbeda di Indonesia. Ia juga menciptakan lagu tersebut sebagai persembahan bagi penyanyi cilik bernama Yara. “Buat saya sudah waktunya kita untuk saling menghormati, ini juga salah satu bentuk saling menghargai,” ucap pria pelantun lagu tembang Kuta Bali ini. Andre berharap single yang dibuatnya itu bisa memberikan warna baru bagi penikmat musik di tanah air agar memiliki pemahaman yang baru tentang keberagaman di Indonesia.

Alasan yang tak jauh berbeda juga dilontarkan Glenn Fredly. Album religi Muslim berjudul ‘Hidayah’ yang baru saja dirilis itu, kata Glenn adalah hasil kerja dengan sejumlah musisi tanah air. Dia mengaku bisa terlibat dalam pembuatan album tersebut karena sebuah inspirasi yang tak pernah terpikirkan. Sebagai sosok yang menghargai perbedaan, dia tidak takut apabila banyak orang yang kemudian mempertanyakan keyakinan yang dianutnya.

“Kalau ada yang mempertanyakan, ya saya cuma bisa bilang, gitu aja kok repot. Saya enggak terlalu pusing. Satu hal, ini fungsi seninya di sini. Berkesenian jadi penting untuk memecahkan kebuntuan di tengah kita,” ucapnya.

Dengan alasan ini, Anda tak perlu lagi bertanya-tanya bukan tentang motif dibalik tindakan keduanya? Semoga dengan musik tujuan toleransi yang mereka impikan boleh terwujud di negeri kita ini.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami