Lakukan 7 Tips Ini Agar Usus tetap Sehat
Sumber: www.youngandraw.com

Health / 14 June 2016

Kalangan Sendiri

Lakukan 7 Tips Ini Agar Usus tetap Sehat

Lori Official Writer
4531

Usus besar berperan penting dalam proses pencernaan dalam tubuh. Saat fungsi usus terganggu, maka seluruh organ tubuh akan ikut terganggu. Timbulnya kanker usus adalah kasus kesehatan yang banyak dialami penduduk dunia. Hal ini terjadi karena saat usus tidak bekerja secara maksimal maka semua racun akan menumpuk dalam dinding usus.

Kerja usus yang semakin lambat membuat proses pengolahan makanana menjadi lambat pula. Salah satu penyebabnya adalah gaya hidup yang banyak mengkonsumsi makanan olahan yang minim serat dan nutrisi. Akibatnya, saat pengolahan usus membutuhkan waktu yang lebih lama. Jika normalnya makanan yang masuk dalam usus bisa diolah hanya dalam sehari, makanan olahan justru memerlukan waktu selama tiga hari. Saat itulah racun menumpuk di dalam usus dan menyebabkan sembelit.

Agar usus tetap bekerja dengan baik dan normal, cobalah menerapkan pola hidup sehat dengan 7 tips ini.

Tips 1: Minumlah air secukupnya secara berkala untuk membantu proses kerja usus dengan efisien.

Tips 2: Cobalah untuk berpuasa selama sehari. Minum banyak air dan jus untuk menghilangkan racun di dalam tubuh.

Tips 3: Jangan melakukan pembersihan usus secara berlebihan, misalnya diet atau puasa ketat, karena hal itu bisa menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi atau kegagalan fungsi organ tubuh.

Tips 4: Berolahragalah secara rutin untuk membantu usus bekerja dengan lancar.

Tips 5: Hindari mengkonsumsi makanan pedas dan berminyak yang merusak dinding usus.

Tips 6: Rajinlah mengkonsumsi bawang merah dan putih serta pisang. Karena makanan ini berfungsi membunuh parasit yang berbahaya dalam tubuh. Bawang dan pisang juga berguna untuk meningkatkan produksi bakteri yang menguntungkan dalam usus.

Tips 7: Sup, sayuran dan teh herbal dapat menjaga usus Anda dengan baik.

Selain tips-tips di atas, resep ini juga bisa Anda terapkan. Siapkan satu sendok teh bubuk cabai rawit, 2 sendok teh sirup maple dan 2 sendok teh jus lemon. Campurkan semua bahan dalam gelas hingga merata. Minum 5 kali sehari selama 10 hari. Selingi dengan meminum air secukupnya setiap hari secara berkala.

Semoga tips ini berguna bagi kesehatan Anda dan selamat mencoba! 

Sumber : Boldsky.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami