Tiga Pemikiran Ini Cukup Berbahaya Bagi Keuangan Anda

Finance / 10 June 2016

Kalangan Sendiri

Tiga Pemikiran Ini Cukup Berbahaya Bagi Keuangan Anda

Mega Permata Official Writer
3355

Sering kali saat kita memiliki uang lebih, muncul dalam pemikiran, “Percayakan Yesus, kirimkan saja cek, dan Anda akan diberkati banyak kelimpahan!”, atau “Hanya membeli barang ini dan Anda akan langsung senang!”, atau juga “Tinggal menggesek kartu ini dan janganlah khawatir”.

Bagi orang-orang beriman, itu cara simple melihat bahwa ide di atas tidak memiliki tempat dalam kebijakan finansial di kehidupan ini. Beberapa ide yang menyimpang mengenai uang ini masih bisa terlintas dalam pikiran dan hati kita. Perhatikan ini;

Pertama, “Lebih Murah, Lebih baik”

Menyimpan uang adalah cara yang baik untuk bijak menyisihkan penghasilan kita. Itu dapat memungkinkan kita merencanakan dengan hati-hati dan memberi dengan murah hati. Tetapi “murah” menjadi salah satu cara untuk dipakai? Banyak pengusaha muda Kristen menanyakan biaya apa yang seharusnya dibuat murah. Bagaimana para pekerja yang membuatnya barang itu dijual dengan sangat murah? Mungkin harga rendah dari barang tersebut menunjukkan nilai rendah yang diberikan pada pekerja miskin yang menciptakannya itu?

Pada “Ini semua (bukan) tentang uang,” Corri Cutrer membahas tiga wanita Kristen pengusaha yang pekerjaannya dilakukan untuk hal berbeda; barang-barang mereka membantu untuk menyediakan dan meningkatkan kondisi kehidupan karyawannya lebih baik lagi. Alih-alih untuk “murah”, produk tersebut bertujuan untuk kelayakan; sebagai gantinya mereka memberikan harga yang lebih murah, usaha itu bertujuan untuk kebaikan bersama. Ketika Anda menghabiskan uang atau Anda mungkin bekerja pada usaha inovasi sendiri, bagaimana Anda mengarahkan orang lain untuk hidup lebih baik lagi?

Kedua, “Uang saya, Urusan saya”

Sebagai orang percaya, tidak satupun dari kita terang-terangan mengatakan ini – kita mengetahui bahwa uang kita adalah milik-Nya dan kita dipercayakan itu dengan mengurusnya. Sekalipun pemikiran ini yang adalah permasalahan uang utamanya pribadi dan personal masih bisa menggoyahkan hidup kita.

Ketiga, “Jika Saya Memiliki Uang Sedikit Lebih Banyak”

Kita pasti pernah merenung tentang kejatuhan uang alias rejeki nomplok. Pasti kita langsung segera menghabiskannya. Hidup akan jadi lebih baik kan? Jika Anda tidak perlu khawatir dengan tagihan medis atau tabungan pendidikan? Pikirkan yang baik, yang dapat Anda lakukan dengan semua uang lebih itu!

Sementar sedikit melamun atau merenung memang tidak berbahaya, tapi bahaya nyata terletak pada pemikiran bahwa dengan uang lebih kita bisa memecahkan masalah. Sangat manusiawi kita memiliki lebih banyak uang, menghabiskannya untuk membeli pakaian bagus, perawatan tubuh, rumah yang mewah, yang mana akhirnya menutupi kerinduan mendalam yaitu kerinduan kita bagi Yesus sendiri. Tetapi itu bukan yang Tuhan inginkan dari kita.

Ketiga hal diatas merupakan pikiran-pikiran yang dapat mengacaukan keuangan Anda. Jadi sebaiknya jika Anda memiliki uang lebih, selalu ingat untuk bersyukur, jangan sampai melupakan Tuhan. Karena semua yang kita dapat di bumi berasal dari Tuhan. Selain bersyukur, Anda juga bisa ikut beramal, dan ‘menabung’ untuk masa depan Anda di bumi maupun di Sorga.

Sumber : TCW.com/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami