Kiat Aman Jaga Anak Saat Bermain Air Di Kolam Renang

Kiat Aman Jaga Anak Saat Bermain Air Di Kolam Renang

Mega Permata Official Writer
3051

Anak-anak suka sekali bermain air, baik saat mandi dengan mainan kesayangannya ataupun diajak berenang. Bagi Anda yang memiliki anak dibawah umur atau balita mungkin bingung bagaimana menyiapkan diri anak Anda apabila berada di kolam renang. 

Sebagai orangtua memang sebaiknya selalu memastikan keamanan anak Anda saat berada di kolam renang. Menurut, Center of Disease Control and Prevention, tenggelam adalah penyebab utama kematian anak-anak di usia 1 sampai 4 tahun baik di kolam renang atau di tempat air lainnya, seperti pantai dan danau.

Daftar di bawah ini akan membantu dalam mempersiapkan anak-anak untuk berenang. Hal ini dapat membantu memastikan anak-anak dan juga Anda siap turun ke kolam dan untuk belajar percaya diri. Berikut beberapa tips jaga anak Anda saat bermain di kolam renang;

Pertama, Bantu Anak Terbiasa Dengan Air

Cara terbaik untuk melakukan ini adalah saat hendak mandi. Saat mandi, basahi tubuhnya dengan air secara perlahan, sedikit bermain-main dengan air atau mainan kesayangannya, atau nyanyikan lagu untuk membuat mereka merasa nyaman dan menjadi hal menyenangkan untuk bermain air.

Kedua, Coba menggunakan kolam 

Mulailah dengan sesi 10 menit lalu bila anak memungkinkan atau masih betah, cobalah 20 menit. Batasi durasi maksimal selama 30 menit bila anak-anak Anda masih di bawah satu tahun. Bayi dapat kehilangan panas tubuh lebih cepat dibandingkan dengan orang dewasa sehingga jangan terlalu lama di dalam kolam. Selain itu pastikan suhu air kolam renang cukup hangat, Anda bisa menggunakan thermometer untuk mengecek suhu air tersebut.

Ketiga, Pilih kostum renang bersama si anak

Katakan kepada mereka mengapa mereka akan memakainya dan buat mereka untuk mencobanya dengan popok renang (jika diperlukan). Anda juga dapat melakukan ini di kamar mandi sehingga mereka terbiasa dengan kostum renangnya. Ini mungkin hal yang sepele tetapi ini membantu anak Anda untuk berani berenang. Pilihkan juga seperti jaket pelampungnya, sepatu renang, topi renang, dan keperluan lainnya.

Keempat, Family Fun

Ikuti sesi liburan bersama keluarga atau Family Fun dengan berwisata renang. Ini bagus untuk mereka biasa lakukan saat berada di sekitar air dengan orang-orang terdekatnya. Dan ingat untuk selalu mendampinginya.

Kelima, Sedia Obat-obatan

Pastikan Anda selalu sedia obat-obatan medis, obat cidera atau kebutuhan khusus yang memungkin sesuatu yang tidak diinginkan terjadi.

Keenam, Sebaiknya makan dulu

Pastikan anak Anda sudah makan sebelum mereka turun bermain ke kolam renang, tetapi tidak memberi mereka makanan berat dulu. Berikan makanan ringan, membantu menjaga energi mereka. Beberapa buah kering atau kacang-kacang juga merupakan pilihan yang baik.

Dari semua hal di atas, sangat penting peran orangtua mendampingi mereka untuk tetap aman bermain air di manapun, di kolam renang, ataupun pantai. Berikan pengawasan dan jangan lengah. Tetapi pengawasan Anda sebagai orangtua jangan membuat mereka menjadi seorang penakut. Berikan semangat Anda untuknya. 

Sumber : berbagai sumber/Jawaban.com

Ikuti Kami