Komnas HAM Sebut Gereja Ini Kerap Diperas Pihak Ormas

Komnas HAM Sebut Gereja Ini Kerap Diperas Pihak Ormas

Lori Official Writer
3902

Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Imdadun Rahmat menyebut banyak gereja di kawasan Bandung Raya menjadi objek pemerasan organisasi masyarakat (ormas) tertentu. Dia menyampaikan ormas ini melakukan pemerasan dengan modus untuk menjamin keamanan bagi gereja yang hendak beribadah tetapi belum memiliki Ijin Mendirikan Bangunan.

Tindakan pemerasan itu terungkap setelah beberapa waktu lalu ia dan komisioner Komnas HAM bertemu dengan pengurus gereja di Bandung dan sekitarnya. Pihak gereja kerap menyetor pembayaran kepada ormas dalam jumlah yang cukup besar. “Nilainya puluhan sampai ratusan juta rupiah. Jika ibadahnya di gereja ingin aman, mereka harus bayar,” ucap Imdadun, seperti dilansir Tempo.co, Minggu (6/6).

Atas pengaduan tersebut, Komnas HAM mendesak pemerintah Jawa Barat segera menghentikan tindakan pemerasan berikut kasus intoleransi lain yang belum diselesaikan secara hukum. Kasus ini bisa dicegah jika pemerintah didukung aparat keamanan mau bersikap tegas. “Kalau pemerintahnya konsisiten dalam menegakkan hukum, kami pikir tidak akan terjadi apa-apa,” ucapnya.

Imdadun meminta agar pemerintah Bandung bisa mencontoh toleransi umat beragama yang tercipta di Kabupaten Purwakerta. Hal ini hanya bisa tercapai apabila pemerintah daerah tegas dalam menegakkan hukum. Hal lain yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan jaminan pelaksanaan ibadah kepada semua pemeluk agama. Sementara apabila terdapat gesekan antar umat beragama mayoritas dan minoritas, semestinya diselesaikan dengan penegakan hukum secara tegas. 

Sumber : Tempo.co/Tribunnews.com

Ikuti Kami