Simak Beberapa Hal Penting Tentang Mengajak Bayi Bepergian Jauh
Sumber: Babygizmo.com

Parenting / 30 May 2016

Kalangan Sendiri

Simak Beberapa Hal Penting Tentang Mengajak Bayi Bepergian Jauh

Mega Permata Official Writer
3974

Mengajak bayi bepergian jauh banyak yang perlu diperhatikan. Dengan trik yang tepat, acara jalan-jalan bersama dengan si bayi akan lebih nyaman dan menyenangkan. Mengenai di usia berapakah bayi sudah diperbolehkan mengikuti perjalanan jauh, beberapa menyebutkan sebaiknya jika si bayi sudah memiliki kekebalan tubuh dan sudah mendapatkan vaknisasi lengkap, menurut Dr. H.M.V Ghazali, MBA, MM.

Kenapa demikian? Karena bayi masih sangat rentan terhadap penyakit. Terlebih bila si bayi diajak pergi di hari raya, kendaraan umum, baik transportasi darat, laut ataupun udara. Seperti pada usia dua atau tiga bulan, disaat memorinya sudah terbentuk dan juga sel-sel kekebalan tubuhnya sudah tumbuh meskipun belum optimal. Diusia tersebut ada beberapa vaksin imunisasi sudah dapat membantu memperkuat ketahanan tubuh. Berikut yang perlu diperhatikan orang tua untuk mengajak bayi bepergian jauh;

Pertama, Mengecek Keadaan Bayi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas adalah bagian yang harus Anda perhatikan. Jika ada keadaan yang sangat mendesak dan mengharuskan membawa bayi Anda untuk ikut bepergian jauh, itu cukup diperbolehkan. Jika Anda perlu konsultasi kepada dokter anak Anda hal tersebut juga disarankan. 

Kedua, Peralatan dan Perlengkapan 

Buat bayi Anda menjadi senang selama bepergian menjadi nikmat tersendiri. Jangan lupa untuk tidak meninggalkan mainan untuk mereka bermain dan tidak merasa bosan selama di perjalanan. Isi tas anda dengan beberapa popok, baju bayi, peralatan mandinya, tisu basah, air bersih, tisu kering, perlak, botol susu dan kereta bayi atau stroller. 

Ketiga, Jika Bepergian Dengan Menggunakan Transportasi Umum

Para pakar menganjurkan agar bayi cukup umur bila untuk dapat bepergian jauh menggunakan pesawat. Hal itu untuk memastikan si bayi cukup kuat untuk diikut penerbangan. Masing-masing maskapai juga memiliki peraturan masing-masing, dan jika membawa bayi Anda bepergian dengan pesawat pastikan keperluan susunya terpenuhi baik pada saat take off ataupun landing untuk mengurangi tekanan pada telinganya yang bisa menimbulkan rasa sakit pada bayi tersebut.

Hal itu juga berlaku bila bepergian menggunakan mobil pribadi. Pastikan car seat bayi Anda terpasang sempurna, untuk menghindari guncangan-guncangan.

Keempat, Realistis

Jangan mengajak bayi jalan-jalan sehari penuh, dari pagi sampai sore. Batasi maksimal 2 hingga 3 jam, karena terlalu lama dalam gendongan dan stroller bisa membuat lelah badan bayi tersebut. 

Kelima, Kenali tempat tujuan

Anda akan gampang menemukan sesuatu yang Anda butuhkan seperti tempat menyusui atau nursery room. Hndari tempat terlalu ramai untuk memperkecil resiko bayi Anda terkena penyakit yang bisa diterima dari udara. 

Keenam, Jika bayi Anda sudah bisa meminum susu formula

Anda bisa menyediakan tempat portable yang dapat menyimpan susu formula dengan aman dan steril. 

Ketujuh, Jika bayi Anda sudah bisa menerima makanan padat

Bawalah makanan padat pada tempat yang mudah dikemas dan memudahkan untuk sekali makan dan Anda bisa menyimpannya dalam tempat yang bisa membuat makanan tersebut tetap hangat dan higienis.

Untuk itu bijaklah bagi orang tua jika ingin membawa sang bayi yang masih kecil berjalan-jalan. Perhatikan ulang beberapa hal diatas, balik lagi kepada Anda sebagai orangtuanya. Karena Anda yang seharusnya lebih tahu akan kondisi si kecil. 

Sumber : berbagai sumber/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami