Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

daniel.tanamal

Official Writer
1765



Ketegangan yang sempat terjadi selama bertahun-tahun diantara otoritas Katolik Roma Vatikan dan Al-Azhar Mesir akhirnya berakhir setelah keduabelah pihak melakukan pertemuan bersejarah pada Senin (23/5) di Vatikan City, Italia.

Setelah bertahun-tahun perundingan ditangguhkan, Paus Fransiskus akan menerima Sheikh Ahmed El-Tayeb, imam besar Al-Azhar, Mesir yang merupkan institusi tertinggi Islam Sunni negara itu, menurut laporan media Mesir, Al Ahram.

Kunjungan bersejarah dan pertemuan antara kedua pemimpin agama, yang dianggap belum pernah terjadi sebelumnya, muncul setelah ketegangan serius antara kedua institusi pada masa pendahulu Paus Fransiskus, yaitu Paus Benediktus XVI.

Benediktus yang berhenti dari jabatan Paus pada September 2006 dalam pidatonya dianggap mengaitkan Islam dengan kekerasan, memicu protes kekerasan di beberapa negara dan serangan balasan terhadap umat Kristen. Sejak Paus Fransiskus terpilih pada 2013, hubungan kedua lembaga terus meningkat.

El-Tayeb akan bertemu dengan pemimpin agama dari 1,2 miliar umat Katolik di dunia. "Pertemuan ini sedang dipersiapkan dan telah dijadwalkan dilakukan pada hari Senin
. Ini akan menjadi pertemuan pertama."

Sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Al-Azhar menyabutkan bahwa pertemuan El-Tayeb dan Paus Fransiskua akan fokus membahas koordinasi upaya antara Al-Azhar dan Vatikan dalam penyebaran budaya dialog, koeksistensi dan perdamaian antara bangsa dan masyarakat.

Sebuah diskusi panel yang dipimpin oleh Wakil Imam Al-Azhar, Abbas Shuman, akan diselenggarakan setelah  pertemuan tersebut. Ulama dan peneliti dari kedua lembaga diharapkan bertemu untuk membahas komite kerja bersama antara Al-Azhar dan Vatikan.

Kunjungan terakhir antara kedua lembaga berlangsung pada Maret 2014 ketika seorang wakil dari Masjid Al-Azhar, Mahmoud Azab, mengambil bagian dalam konferensi antar agama di Vatikan yang bertujuan untuk mempromosikan kerja sama dalam memerangi perbudakan modern dan perdagangan manusia.

Sumber : Berbagai Sumber


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Meiyanto Yusuf 29 January 2020 - 19:21:34

Saya atas nama meiyanto apa Yesus akan menjamin re.. more..

0 Answer

Jupry 29 January 2020 - 15:30:38

Masalah percintaan

0 Answer

Jupry 29 January 2020 - 15:30:36

Masalah percintaan

0 Answer


Robs Teng 26 January 2020 - 21:15:09
Terima kasih Tuhan Yesus atas segala penyertaanMu ... more..

[email protected] 22 January 2020 - 18:35:12
Saya sedang ada masalah financial, mohon bantu did... more..

Ika Wiji 20 January 2020 - 17:14:09
Mohon bntuan doa dan dukungannya. Saat ini saya se... more..

King Wardi 16 January 2020 - 20:07:08
Saya mohon didoakan, agar saya mendapatkan pekerja... more..

Banner mitra januari 4


7267

Banner mitra januari 4