Gereja St John Malta Dinobatkan Jadi Termegah di Dunia Karena Ini…

Gereja St John Malta Dinobatkan Jadi Termegah di Dunia Karena Ini…

Lori Official Writer
5174

Gereja St John Co-Catheral yang terletak di Valletta, Malta adalah salah satu gereja kuno yang mulai beroperasi menjadi rumah ibadah sejak tahun 1572.  Di bawah perintah Grand Master Jean de la Cassierre, gereja ini menjadi salah satu contoh arsitektur baroque terbaik di Eropa dan juga menjadi salah satu katedral besar di dunia.

Penobatan itu memang layak karena gereja itu dibangun dengan kemegahan tersendiri, dimana dinding batu gereja berhiasi ukiran-ukiran, langit-langit kabahnya dicat dan di sisi altar terdapat sederet lukisan tentang perjalanan hidup Yohanes Pembaptis. Yang tak kalah mengesankan adalah lantai marmernya terbuat dari 400 batu nisan dari Knights sang bangsawan penting di Eropa dan petugas Ordo. Setiap nisan dihiasi warna, lempengan marmer, dan gambar para Knights lengkap dengan pakaian dan senjata.

Para Knights ini merupakan bangsawan asal Eropa yang bertugas untuk melindungi umat Katolik melawan pasukan Muslim pada zamannya. Knights datang ke Malta pada tahun 1530 setelah diusir bangsa Turki dari kampung halamannya di Rhodes. Malta pun menjadi basis baru mereka dan terus melakukan perjuangan melawan bangsa Turki dan terutama bajak laut Barbary.

Gereja St John Co-Chatedral inilah yang dulu menjadi pusat basis Knights di Malta. Setelah masa Knights berakhir gereja kuno beraksitektur barok ini lalu beralih fungsi menjadi tempat penyimpanan benda seni berharga, salah satunya adalah lukisan perjalanan Yohanes Pembaptis di sisi altar yang merupakan hasil karya pelukis Michaelangelo Merisi da Caravaggio. Lukisan itulah yang pernah ditandatangani pelukis ini sepanjang karirnya.  

Kini, Gereja St John Co-Chatedral menjadi pusat wisata populer di Eropa. Beragam peninggalan di dalam gereja yang masih terawat dengan baik menjadi daya tarik para pengunjung, baik sekadar mengenang perjuangan para ksatria Malta ataupun menggali kembali sejarah besar Gereja St John. 

Sumber : Amusingplanet.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami