Konflik Tak Kunjung Usai, Jemaat Gereja HKBP Riau Kembali Rusuh
Sumber: http://radarpekanbaru.com

Nasional / 16 May 2016

Kalangan Sendiri

Konflik Tak Kunjung Usai, Jemaat Gereja HKBP Riau Kembali Rusuh

Lori Official Writer
8541

Jemaat Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Huria Sumber Sari, Riau mendadak rusuh pada Minggu, 15 Mei 2016 pagi. Kerusuhan itu dipicu oleh konflik internal gereja menyangkut pergantian pendeta lama Kana dengan pendeta baru Kepas Purba yang sempat memanas pada perayaan Paskah bulan lalu.(Baca Artikel Ini Alasan Ricuh Paskah di Gereja HKBP Riau)

Seperti dikabarkan, peristiwa itu dimulai dari aksi saling ejek antar jemaat gereja. Karena tak dapat menahan emosi kedua kubu akhirnya terlibat aksi baku hantam. Akibatnya, beberapa jemaat mengalami luka-luka dan memar.

Adapun korban yang mengalami penganiayaan tersebut di antaranya, Pdt Kepas Purba yang diduga dilakukan, Efendi Simanjuntak, Untung Hutapea, R. Sitompul, Steven Siahaan dan beberapa jemaat gereja lainnya. Pdt Kepas dianiaya saat korban hendak beribadah Minggu pagi.

Tak lama kemudian ratusan personil polisi dan TNI tiba di lokasi kejadian dan mengamankan kondisi di sekitar Gereja HKBP Huria Sumber Sari yang terletak di jalan Rokan Rt 1 Rw 6 Kecamatan Lima Puluh itu. “Ada dua kelompok, yakni jemaat Pendeta Kana Silitonga M.Div dan Pendeta Eva Sinaga S.Th. Mereka sama-sama mengklaim masih memiliki hak untuk beribadah di Gereja tersebut,” ujar Kasat Reskrim Polresta Pekanbaru Kompol Bimo Arianto.

Sesaat setelah pengamanan polisi, kondisi kembali kondusif. Namun Kapolresta Pekanbaru segera membawa kedua kubu yang terlibat dan para tokoh agama untuk bermediasi. Kepolisian juga mengingatkan agar permasalahan di tubuh gereja segera diselesaikan. Jika pertikaian kembali terjadi, pihak kepolisian tak segan-segan menindak sesuai dengan hukum.

Akibat kerusuhan ini, gereja HKBP Huria Sumber Sari diminta untuk tidak dibuka dalam waktu beberapa hari ke depan. Sementara rencana itu akan dilaksanakan sesuai dengan perintah dari gereja HKBP pusat.
Sumber : Merdeka.com/Riaupos.co/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami