7 Kata Ini Akan Mengubah Kehidupan Pernikahan Anda
Sumber: www.cintamela.com

Marriage / 14 May 2016

Kalangan Sendiri

7 Kata Ini Akan Mengubah Kehidupan Pernikahan Anda

Puji Astuti Official Writer
5037

Kita menghabiskan jutaan rupiah setiap tahunnya untuk menjaga penampilan kita agar tampak baik, sehat dan enak dilihat. Kita memilih makanan yang sehat, pergi ke pusat kebugaran dan membeli pakaian yang mengikuti trend terbaru. Itu memang penting, namun apakah kita juga memberi perhatian dan membayar harga yang sama untuk menjaga hubungan dalam hidup kita, terutama hubungan dengan pasangan. Berapa besar waktu dan uang yang Anda berikan untuk menjaga pernikahan Anda tetap sehat? 

Bersama berjalannya waktu, biasanya anak-anak menjadi fokus dalam pernikahan. Hal ini seringkali membuat pasangan kehilangan kehangatan dalam hubungan mereka karena waktu dan energi mereka terkuras oleh anak-anak dan juga pekerjaan. Namun hal ini dapat dihentikan, jika Anda dan pasangan mau berhenti sebentar dan melakukan "check-up" atau memeriksa kesehatan hubungan. 7 kata di bawah ini dapat membantu anda untuk memulihkan kembali hubungan dengan pasangan : 

1. Inisiatif

Ingat waktu Anda masih pacaran? Ya, saat itu tanpa di suruh kita berpikir keras bagaimana bisa membuat pasangan Anda senang dan bahagia. Lakukanlah hal yang sama, luangkan waktu untuk makan malam diluar berdua saja dengan pasangan, berikan kado kecil namun yang berkesan baginya, dan sampaikan bahwa Anda mencintainya dengan cara unik. 

2. Prioritas

Apa yang menjadi prioritas Anda? Hal ini terlihat dimana Anda menghabiskan sebagian besar waktu Anda. Matikan televisi dan handphone Anda. Email dan update status masih bisa menunggu nanti. Berikan waktu untuk pasangan Anda, saat Anda berada di rumah, berikan perhatian padanya. 

3. Komunikasi

Untuk membuat pernikahan anda kuat, Anda harus melawan keinginan untuk menganggap lalu hal-hal kecil. Jangan diam ketika terjadi masalah, dan menganggapnya selesai, karena hal itu bisa menjadi bom waktu dan dapat merusak hubungan dengan pasangan Anda. Sebaliknya, bicaralah secara terbuka dan kepala dingin dengan pasangan Anda. 

4. Dengarkan

Hal yang terpenting dalam komunikasi adalah mendengarkan dibandingkan dengan berbicara. Pasangan Anda ingin di dengarkan. Bagaimana Anda bisa tahu apa yang ia rasakan jika Anda tidak pernah bersedia menjadi pendengar yang baik. Kadang kita terlalu cepat memotong pembicaraan pada hal dia belum selesai bicara. Anda ingin memberikan masukan untuknya, pada hal yang dia inginkan kadang bukanlah hal itu, dia hanya ingin Anda mendengarkan saja. 

Hai saudara-saudara yang kukasihi, ingatlah hal ini: setiap orang hendaklah cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berkata-kata, dan juga lambat untuk marah; ~ Yakobus 1:19

5. Mengampuni

Jangan mendendam kepada pasangan Anda. Lepaskanlah pengampunan, jangan biarkan kepahitan merusak hubungan Anda dengan psangan. Jika pasangan Anda melakukan kesalahan, lakukan poin no 3 dan no 4, lalu lepaskanlah pengampunan baginya. 

"Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu." ~ Matius 6:15

6. Cinta

Tanpa cinta, maka tidak ada pernikahan. Dan hal itulah sebabnya kita harus menjaga agar api cinta itu tetap hidup. Sediakan lebih banyak  waktu khusus untuk bersama pasangan Anda. Fokuskan pembicaraan tentang Anda berdua, singkirkan sejenak topik tentang anak-anak dan yang lainnya. 

Dan di atas semuanya itu: kenakanlah kasih, sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan. ~ Kolose 3:14

 7. Berdoa

Ada kata bijak yang menyatakan bahwa pernikahan yang sukses terdiri dari tiga orang : suami, isteri dan Tuhan. Libatkan Tuhan dalam kehidupan pernikahan Anda, bahkan yang Anda sebut hal-hal "kecil" dan lihatlah bagaimana Dia berkarya dalam kehidupan Anda bersama pasangan. 

Carilah TUHAN dan kekuatan-Nya, carilah wajah-Nya selalu! ~ 1 Tawarikh 16:11

Mari beri perhatian lebih banyak kepada hubungan kita, sama seperti kita memberikan perhatian kepada penampilan kita. Apakah Anda ingin menambakan daftar kata pada 7 kata di atas. 

Sumber : Crosswalk.com | Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami