Keren, Pendeta Ini Ciptakan Popok untuk Selamatkan Bayi
Sumber: Foxnews.com

Internasional / 14 May 2016

Kalangan Sendiri

Keren, Pendeta Ini Ciptakan Popok untuk Selamatkan Bayi

daniel.tanamal Official Writer
2849

Kemiskinan yang menerpa Haiti saat ini, menjadikannya terkenal dengan kesulitan air bersih dan sistem sanitasi buruk. Akibatnya anak-anak terutama para bayi yang terkena dampaknya. Hal ini membuat seorang pendeta bernama Michael Wahl (40) menciptakan popok yang mudah dicuci untuk menyelamatkan bayi di negara yang berada di Karibia tersebut.

Mengetahui keadaan mengerikan tersebut, Wahl memutuskan untuk melakukan sesuatu untuk menghindari penyakit. Yang terpikirkan sederhana olehnya, popok. "Ada seorang ibu yang menggendong anaknya telanjang. Dia membungkuk dan mengangkat kotoran si kecil dengan tangannya dan melemparkannya ke luar rumah. Setelah itu, bayi bergerak bebas lagi," kata Wahl.

"Sulit membawa air bersih ke sana. Kemiskinan ekstrem membuat mereka bertahan hidup dengan kotoran manusia yang lokasinya dekat tempat tinggal. Sementara itu, popok sekali pakai terlalu mahal dan tidak ada tempat aman untuk membuangnya," ungkap Wahl.

Ia melakukan eksperimen kecil untuk membuat popok dengan sejumlah kain yang dapat menjebak bakteri. Dengan bantuan istrinya, Starla, mereka sukses membuat popok yang aman dan mudah dicuci untuk bayi. "Kami menggunakan campuran polister spandeks untuk kulit luar dan kulit bagian dalam lapisan polister," katanya.

Untuk memproduksi lebih banyak, pasangan suami istri ini mendapat sponsor dari dua perusahaan Georgia, Slingshot Product Development Group dan Supply.com. Popok yang disebut Dri3utts ini pun diproduksi massal di China. "Harga untuk satu popok senilai US$ 15 atau sekitar Rp 205 ribu. Tapi perusahaan membayar dua kali lipatnya untuk menyumbang keluarga miskin di Haiti," katanya.

Setelah menerima popok, para keluarga juga diajarkan untuk mencucinya dengan air dan menjemurnya sekitar 40 menit hingga kering. Bila popok sudah kotor atau penuh dengan kotoran, popok harus dibuang di tempat sampah atau menguburnya.

Dokter spesialis penyakit menular, Dr Joseph Rahimian mengatakan ada berbagai macam penyakit mematikan yang bisa masuk melalui tinja seperti bakteri dan parasit. Untuk itu, informasi mengenai kebersihan popok sangat penting.


Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami