Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Mega Permata

Official Writer
3339


Setiap orang banyak memiliki perencanaan dalam hidupnya, khususnya perencanaan dalam hal keuangan. Perencanaan keuangan cukup diperlukan bagi setiap para penghasil atau para pekerja. Hal itu dilakukan untuk mengetahui perbandingan antara pemasukan dan pengeluaran dalam waktu yang sudah ditentukan.

Melakukan perencanaan keuangan tidak segampang yang kita kira. Mungkin akan timbul berbagai macam kekhawatiran bersamaan dengan kita melakukan hal tersebut. Seperti halnya rencana investasi, rencana liburan, rencana pensiun bahkan rencana pendidikan anak anda nanti.

Mungkin anda adalah tipe pemikir rasional. Anda akan membuat keputusan yang harus mengorbankan beberapa hal termasuk menunda keinginan pribadi anda yang terpendam. Anda bisa memiliki pemikiran aneh terlintas saat menyangkut masalah keuangan. Dilansir dari Iris, jika anda dapat mendeteksi sikap-sikap tidak rasional dalam mengambil langkah-langkah dengan mengendalikan diri anda dan membuat keputusan keuangan untuk lebih baik, simak tiga tanda yang perlu anda perhatikan;

Pertama, Tidak Ingin Rugi

Memang semua orang tidak mau rugi dalam hal keuangan. Banyak pertimbangan yang dipikirkan oleh anda untuk menghindari dari kerugian. Enggan rugi menjelaskan mengapa kontribusi tabungan pensiun otomatis dipotong dari gaji. Jika anda harus melakukan pemotongan tersebut sendiri maka rasa kehilangan semakin tinggi. Belum lagi anda memikirkan pembayaran tagihan atau asuransi kesehatan.  

Kedua, Menunda Pembayaran

Faktanya adalah semakin anda menunda-nunda maka semakin besar kerugian yang didapat. Menunda-nunda adalah cara yang paling sering dilakukan seseorang saat melakukan perencanaan keuangan.

Perilaku tersebut, menurut pakar ekonomi disebut dengan diskonto temporal. Yaitu menilai keuntungan langsung daripada keuntungan masa depan. Pada tingkat keuangan tersebut, diskonto temporal adalah alasan besar seseorang tidak berpartisipasi dalam rencana tabungan pensiun. 

Ketiga, Jangkar

Yang dimaksud dengan jangkar adalah definisi dari ketergantungan terhadap sepotong informasi saat membuat keputusan. Informasi tersebut bisa saja tidak akurat, sehingga anda perlu berhati-hati saat mengambil keputusan. 

Contoh yang paling sering kita jumpai adalah ketika anda sedang belanja. Saat itu anda mengetahui diskon besar-besaran, dimana harga asli diibaratkan sebagai jangkar, yaitu sebagai perbandingan. Harga baru sebagai pencuri perhatian, yaitu sesuatu yang tidak boleh dilewatkan. Bisa saja harga baru ternyata berbeda jauh dengan harga baju sebenarnya.

Sangat penting untuk menghindari jangkar tersebut. Anda harus mengetahui dari berbagai sumber lain dan melihatnya dari perspektif yang berbeda.

Sumber : liputan6.com/jawaban.com/em


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Alexander Edwardson 27 January 2020 - 08:33:26

Paus fransiskus kecam upah

0 Answer

wong jowo 26 January 2020 - 22:23:30

Peminjam tidak boleh...kepada orang lain

0 Answer

Evi 26 January 2020 - 06:57:18

Saya minta doa, akan operasi benjolan tiroid mingg.. more..

0 Answer


Robs Teng 26 January 2020 - 21:15:09
Terima kasih Tuhan Yesus atas segala penyertaanMu ... more..

[email protected] 22 January 2020 - 18:35:12
Saya sedang ada masalah financial, mohon bantu did... more..

Ika Wiji 20 January 2020 - 17:14:09
Mohon bntuan doa dan dukungannya. Saat ini saya se... more..

King Wardi 16 January 2020 - 20:07:08
Saya mohon didoakan, agar saya mendapatkan pekerja... more..

Banner mitra januari 4


7267

Banner solusi talks