Unik, Italia Bangun Gereja Tembus Pandang Termegah di Dunia
Sumber: cnn.com

Internasional / 30 April 2016

Kalangan Sendiri

Unik, Italia Bangun Gereja Tembus Pandang Termegah di Dunia

Lori Official Writer
51454

Gereja tembus pandang di Santa Maria Maggiore, Siponto, Italia ini sengaja dibangun dalam wujud transparan. Konon katanya, gereja ini merupakan bayangan dari kemegahan basilika yang pernah ada sebelumnya di sana.


Sumber: Cnn.com

Gereja ini dirancang oleh seniman Edoardo Tresoldi, yang merupakan perancang karya serupa dalam acara Secret Garden Party dan Milan Fashion Week 2015 lalu. Dia membangun gereja ini dari untaian kawat-kawat baja yang tembus pandang. Dibutuhkan waktu sekitar tiga bulan untuk merampungkan pembangunan gereja unik seluas basilika asli dari zaman Paleo-Kristen sebelumnya itu.


Sumber: Cnn.com

Pembangunan ini menelan biaya sekitar 3.5 juta atau setara lebih dari Rp 52.2 miliar. Gereja ini dipandang seperti mengembalikan bangunan hebat yang seakan menjadi bagian dari kenangan bersejarah tempat itu. Keberadaan instalasi permanen di Kota Puglia itu sekaligus menandai pembukaan taman arkeologi baru, yang terletak di samping gereja yang sudah ada di sana.

Seperti diketahui, gedung bekas gereja basilika Kristen ini sebenarnya sudah ditinggalkan sejak terjadinya gempa bumi di abad ke-13. Di sanalah ditemukan sisa-sisa reruntuhan gereja megah di masanya itu. Keberadaan gereja megah ini pula yang dipercaya sebagai gambaran dari peran kota Puglia sebagai salah satu pusat keuskupan yang paling penting di masa itu.

Atas nilai sejarahnya yang begitu penting, gereja tembus pandang hasil karya Tresoldi ini pun telah disepakati kementerian warisan budaya dan aktivis arkeologi menjadi peninggalan bersejarah yang patut dilestarikan.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami