Umat Kristen di Hongkong Protes Penindasan Agama di China
Sumber: christiandaily.com

Internasional / 28 April 2016

Kalangan Sendiri

Umat Kristen di Hongkong Protes Penindasan Agama di China

Mega Permata Official Writer
11783

Salah satunya adalah seorang Kardinal Joseph Zen ikut memprotes terhadap pelanggaran kebebasan beragama di Cina. Penyelenggara kegiatan tersebut mengatakan pihak berwenang di Cina secara paksa menurunkan salib lebih dari 2.000 gereja di Zhejiang dalam dua tahun terakhir, demikian seperti yang disampaikan South China Morning Post.

Institut Kristen Hong Kong, Kelompok Kristen Peduli Sosial, Komisi Katolik Peradilan dan Perdamaian Hong Kong mengikuti aksi protes di depan Kantor Perhubungan Hong Kong – China. Para demonstran meletakkan bunga untuk menghormati kenangan mereka yang telah meninggal berjuang untuk kebebasan beragama di Cina, lapor Asia News.

Sementara itu Kardinal Zen menyampaikan khotbahnya selama protes dan mengingatkan bahwa mereka tidak dapat tinggal diam melihat saudara-saudara mereka di daratan Cina sedang teraniaya oleh karena iman yang dimilikinya. Selain itu, ia meminta para pemimpin negara untuk menyelidiki situasi tersebut, melepaskan para pemimpin agama yang di penjara, dan memberikan kembali hak kebebasan beragama mereka.

“Kita tidak bisa diam berdiri di sisi ini. Jika kita tidak berbicara, berarti kita adalah kaki tangan. Kami ingin pemimpin negara serius meligar tindakan barbar yang dilakukan untuk melanggar kebebasan beragama dan menjamin hak-hak dari para warga secara keamanan pribadi dan mengembalikan rasa menghargai kepada para jemaat,” jelas Kardinal Zen.

Kardinal Zen juga menambahkan bahwa kebebasan beragama di Hong Kong kian memburuk. Cukup mengkhawatirkan bila kampanye anti Kristen di Cina dapat mempengaruhi Hong Kong. Beliau juga meminta untuk para warga bergerak mencegah situasi ini semakin memburuk. Protes ini muncul karena pidato Presiden Cina Xi Jinping baru-baru ini dalam pertemuannya, dimana beliau menekankan keunggulan Partai Komunis atas kelompok-kelompok agama. 

Sumber : christiandaily.com/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami