Ini Dia Alasan FKUB Kota Bima Tolak Pembangunan Gereja di Mande
Sumber: kahaba.net

Nasional / 27 April 2016

Kalangan Sendiri

Ini Dia Alasan FKUB Kota Bima Tolak Pembangunan Gereja di Mande

Mega Permata Official Writer
5509

Dalam rapatnya Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kota Bima, yang turut dihadiri oleh Ketua FKGK Kota Bima, Lurah Mande, Kesbangpol, Bagian Kesra, MUI, Ormas Islam, Kemenag dan Polres Kota Bima bersama-sama berkumpul untuk membahas pembangunan gereja di Mande.

Selasa (26/4), diperolehlah dari hasil rapat tersebut yang telah disepakati bersama dengan berbagai pihak bahwa dengan tegas rencana pembangunan asrama pembinaan iman umat Kristen (gereja) di Kelurahan Mande Kecamatan Mpunda, ditolak. 

Ketua FKUB Kota Bima menyebutkan, “Dari hasil rapat bersama tersebut, menyepakati penolakan trehadap pembangunan Gereja yang diajukan Pimpinan GBI Rock Bima, Pendeta Abraham Ansel,” tegas Eka Iskandar, seperti dilansir oleh Kahaba.net.

Menurutnya penolakan pembangunan gereja tersebut dikarenakan tidak memenuhi syarat administrasi dan hukum pendirian rumah ibadah. Berdasarkan hukum yang mengacu pada Peraturan bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor 9 dan Nomor 8 Tahun 2006, tentang pedoman pelaksanaan tugas Kepala Daerah atau Wakil Kepala Daerah dalam pemeliharaan kerukunan umat beragama, pemberdayaan FKUB dan pendirian rumah ibadah. Sebagaimana yang tertulis dalam Pasal 14 ayat 1 dan 2 huruf a dan huruf b.

“Jemaat GBI Rock Bima yang mempunyai KTP beralamat di jalan Sudirman kelurahan Mande nomor 2 hanya 19 orang. Tidak memenuhi standar dari 90 orang yang dimaksud dalam pasal di atas untuk membangun rumah ibadah baru di wilayah tersebut,” jelas Pimpinan Muhammadiyah Kota Bima ini.

Selain itu kekurangan lainnya adalah jumlah KTP yang terkumpul bukanlah KTP yang beralamat di kelurahan Mande Kota Bima, melainkan dari luar kota seperti Yogyakarta, NTT, Mataram, Lampung, Semarang, Denpasar, Surabaya dan Bojonegoro. Dengan alasan belum memenuhi syarat tersebut maka disepakatilah untuk menolak pembangunan Gereja GBI Rock Bima.

Beliau juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak terpengaruh isu-isu yang dapat merusak harmonisasi antar umat beragama. “Atas dasar itu FKUB menolak rencana pembangunan Gereja GBI Rock Bima. Karenanya, kami berharap masyarakat bisa mengetahui informasi ini dan tidak terpancing isu apapun yang merusak harmonisasi antar umat beragama,” himbau Pimpinan Muhammadiyah Kota Bima ini.

Sumber : kahabanet
Halaman :
1

Ikuti Kami