Simak Tips Ini Dikala Anda Multi-Tasker Sudah Mulai Jenuh
Sumber: www.smh.com.au

Career / 22 April 2016

Kalangan Sendiri

Simak Tips Ini Dikala Anda Multi-Tasker Sudah Mulai Jenuh

Mega Permata Official Writer
5308

Anda merupakan pekerja kantor yang multi-tasking dimana mungkin anda sudah mulai merasa jenuh dengan rutinitas kerja dan keadaan tugas kantor yang semakin padat. Satu sisi anda sangat menikmati kesibukkan anda, anda akan terlihat profesional dan sudah berpengalaman. Namun, disisi lain anda butuh hiburan, anda sudah kehabisan energi, dan bosan. Dikantor pun anda sudah lagi tidak fokus dan semangat. Bagaimana mengembalikan semangat seperti awalnya lagi, pekerjaan lebih teratasi dan tak terbawa pikiran?

Menggunakan kombinasi psikologi dan neuroscience, penulis buku sekaligus pelatih kerja, Caroline Webb, memberi sejumlah tips untuk membuat pekerjaan Anda jauh lebih efektif dan efisien. Sebagai berikut;

Pertama, Murah Hati

Saat anda merasa sedang terpuruk, cobalah untuk membantu orang lain. Jika kita merasa senang sudah membantu dia, dan dia pun juga senang. Perasaan senang pun akan menulari kita dan membuat suasana hati menjadi lebih baik.

Kedua, Mempunyai to do list atau work goals dalam tiap harinya

Jika anda belum pernah membuat work goals atau ‘to do list’, mulai sekarang anda harus mencobanya. Ketika anda banyak yang harus dilakukan dihari itu, buatlah dan hal itu juga bisa membantu anda lebih efektif. Dengan semakin meningkatnya level kepuasan yang anda buat di work goals, anda juga merasa lega dan perasaan hati senang.

Ketiga, Positif Thinking

Jangan membuat mind set yang jelek saat mengawali pekerjaan anda. Karena jika anda mempunyai mind set negatif, maka selama sehari penuh perasaan anda akan tidak baik, dan gelisah. Menurut webb sendiri, “Otak akan menangkap hal kecil saat anda mencari bukti untuk mengkonfirmasi asumsi tersebut.”

Keempat,  Mendengarkan musik kesukaan

Mendengarkan musik kesukaan sangat ampuh mengubah suasana hati kita. Jika anda merasa bosan, jenuh tidak ada salahnya anda mendengarkan musik kesukaan anda dengan menggunakan headset atau speaker, tetapi harus diingat jangan sampai mengganggu konsentrasi rekan kerja lainnya ya.

Kelima, Kurangi cek Email kerjaan

Ini salah satunya penyebab anda mulai jenuh, gelisah, dan bosan. Tidak ada salahnya kalau anda sedikit ‘mengabaikan’ email-email yang masuk. Webb mengatakan, “Ketika anda berpikir jika anda melakukan multi tasking, seperti anda bicara dengan orang lain sambil cek email, sebenarnya anda melakukannya satu persatu.”

Webb pun mengingatkan, bolak-balik cek email membaut seseorang hilang fokus dan menguras banyak waktu, tenaga dan pikiran. Saran Webb, sebaiknya cek emai anda dua kali saja dalam satu hari.

Yup, sesibuk apapun pekerjaan yang dikerjakan atau sehebat apapun anda mendalami profesi, anda juga punya batasnya. Anda harus memikirkan kesehatan tubuh anda. Jadi tidak masalah anda mengurangi kecepatan jam kerja anda, anda bisa tetap bekerja dengan santai tanpa beban pikiran. kehidupan anda pun akan seimbang.

Sumber : kompas.com/jawaban.com/em
Halaman :
1

Ikuti Kami