Jadi Ibu Tunggal? Ini yang Perlu Anda Ketahui
Sumber: www.popsugar.com

Parenting / 21 April 2016

Kalangan Sendiri

Jadi Ibu Tunggal? Ini yang Perlu Anda Ketahui

Lori Official Writer
5702

Sebagai seorang ibu sekaligus orang tua tunggal, menciptakan lingkungan yang sehat untuk anak-anak adalah sesuatu yang terutama. Dr. Dobbins menguraikan lima poin untuk memberikan kehidupan rumah yang aman dan nyaman.

Di Amerika saja ada sekitar 19 juta orang tua tunggal. Lima puluh lima persen anak-anak Amerika akan hidup dalam keluarga dengan orang tua tunggal setidaknya selama masa kanak-kanak mereka. Gereja disana selalu tertantang untuk menolong terutama ibu tunggal dan anak-anak mereka.

Terdapat beberapa faktor yang menciptakan adanya ibu tunggal. Wanita yang hamil sebelum menikah adalah contoh lain dari orang tua tunggal. Yang lainnya ialah ibu tunggal yang terjadi karena sang suami meninggal atau karena terjadinya perceraian. Jika berbicara tentang ibu tunggal, ada beberapa hal yang ditemukan berkaitan dengan menciptakan lingkungan rumah yang sehat untuk anak-anak mereka.

Ada lima hal yang terpenting yang harus diperhatikan.

1. Kehidupan Rohani Yang Sehat

Cerita rohani tentang Hagar akan membantu. adalah seorang hamba wanita saat keluar dari rumah Abraham dan Sarah. Ia mengembara di padang gurun bersama dengan Ismail. Lalu Tuhan menyuruh satu malaikat untuk melayani Hagar. Kisah ini menunjukkan bahwa ibu tunggal tetap bernilai di hadapan Tuhan. Jika kita membaca kisah tentang Hagar, kita akan menemukan bahwa dalam keadaan putus asa, Hagar berseru pada Tuhan: "Ya Allah, perhatikan diriku!". Dan ternyata Tuhan menjawabnya, Tuhan berjalan disisinya dan melayani dirinya. Tuhan menunjukkan bahwa Dia amat menaruh hati pada orang tua - ibu tunggal.

Setiap orang tua tunggal, seperti halnya Hagar, memerlukan iman yang kuat kepada Tuhan. Iman itu perlu dibawa untuk menanggung kebutuhan khusus yang dibutuhkannya sebagai seorang ibu tunggal. Sebagai contoh, ibu tunggal yang ditolak oleh pria yang membuatnya hamil tanpa mau menikahinya, otomatis hidup tanpa suami. Kebutuhan pemulihan utama adalah berhubungan dengan kemarahan, dendam, dan kebiadaban yang ia terima dari pria yang mengambil keuntungan darinya. Pria itu sudah menghukum sang wanita ketika mulanya ia mencintai dan mempunyai janji terhadap si wanita, namun kemudian menolaknya ketika menemukan si wanita telah hamil. Semua ini membuat si wanita akan menyimpan kemarahan, kebencian dan membentuk banyak pertentangan.

Wanita seperti ini perlu iman yang kuat pada Tuhan agar dia dapat percaya pada Tuhan untuk membuatnya mampu mengatasi perasaannya terhadap pria yang menolaknya. Ia juga butuh kekuatan Tuhan untuk mengatasi tanggung jawabnya yang dia alami dalam membesarkan sang anak.

Ibu tunggal akibat perceraian mempunyai ketertolakan akibat perceraian itu. Dia membutuhkan pertolongan Tuhan dalam bentuk orang yang dia percayai dengan semua perasaan terbuang, marah dan ketertolakan. Sampai dia berdoa pada Tuhan membawa semua persoalannya, seorang wanita tidak hanya pusing berkaitan dengan kompleksnya masalah menjadi ibu tunggal. Ibu tunggal juga akan memiliki bawaan emosi yang Tuhan ingin ia lepaskan.

Setiap orang tua tunggal memerlukan iman yang kuat kepada Tuhan. Sesibuk apapun hidupnya, orang tua tunggal harus memiliki waktu pertemuan dengan Tuhan setiap hari melalui membaca firman Tuhan dan mengadakan jam-jam doa.

2. Sistem Pendukung

Persekutuan jemaat dalam lingkungan rohani memegang peranan penting sebagai sistem pendukung bagi orang tua tunggal. Sebagai contoh, pikirkan apa yang dapat dilakukan persekutuan remaja bagi seorang ibu tunggal. Di musim panas misalnya, para remaja dapat menolong memotong rumput. Dalam banyak kesempatan para remaja ini dapat menolong ibu tunggal yang tinggal di rumah-rumah. Kumpulan dewasa dapat membuat proyek pengecatan dan perbaikan rumah yang seorang ibu tunggal tidak mampu mengupayakannya secara finansial.

Keluarga dari si ibu sekaligus orang tua tunggal secara logika memang merupakan sumber utama pendukung kehidupan ibu tunggal tersebut. Seringkali ketika seorang wanita menjadi ibu tunggal, dia harus pindah sejauh ratusan kilometer agar supaya tempat tinggalnya saat ini lebih dekat dengan keluarga yang bisa mendukung kehidupannya.

Kumpulan orang yang belum menikah di gereja juga memegang peranan. Mereka dapat memberi dukungan semangat kepada ibu tunggal untuk menemukan tempat ibadah yang sesuai, membawanya dalam kegiatan pelayanan orang-orang single atau juga membangun ibadah di rumah-rumah para ibu tunggal.

3. Jaminan Pekerjaan

Pekerja-pekerja yang baik dapat tersedia melalui sumber daya ibu tunggal melalui hari penyediaan sumber daya industri. Ada beberapa rancangan pengembangan yang baik bagi ibu tunggal dimana mereka dapat mengawasi anak mereka selama waktu-waktu istirahat yang ada. Ibu tunggal juga dapat bersama-sama di waktu pagi dan pulang bersama-sama di petang hari.

Saat ini ada banyak lapangan pekerjaan yang begitu flexibel dimana ibu tunggal dapat bekerja sementara anak mereka sedang bersekolah dan pulang saat anak mereka belum tiba di rumah dari sekolah. Ada pekerjaan freelance yang dapat dilakukan dari rumah, jadi pastikan menggali semua kemungkinan membuat peluang-peluang usaha.

Sharing pekerjaan adalah sesuatu yang baru dan merupakan ide mutakhir. Itu menjadi semakin menonjol di daerah pesisir barat. Namun hal itu kini semakin populer meliputi seluruh negeri yang dinyatakan dalam berbagai bentuk. Terkadang wanita mengadakan perdagangan diakhir minggu, bekerja hanya hari Senin, Rabu dan Jumat saja, pada hari Selasa, Kamis dan Sabtu atau mereka mengadakan usaha dagang pagi dan sore saja. Orang menjadi begitu kreatif dan fleksibel dalam mengelola waktu kerja yang disesuaikan dengan kebutuhan keluarga.

4. Tempat Tinggal Yang Aman Bagi Anak-Anak

Kita hidup dalam lingkungan predator, dan orang tua tunggal tidak dapat menghindari hal ini. Waspadai orang-orang yang berpengaruh terhadap keberadaan anak-anak. Anggota keluarga biasanya dapat menjadi pendukung terbaik hal ini. Kecuali kita mengetahui ada seorang dewasa di rumah tersebut yang menjadi pengasuh, jangan pernah biarkan anak-anak berada sendirian di rumah. Menemukan tempat yang aman untuk anak menjadi tantangan terbesar bagi seorang ibu tunggal.

Membicarakan kepada anak-anak tentang berbagai macam pengaruh dan sentuhan dalam hidup mereka adalah penting, baik itu pengaruh positif maupun pengaruh yang merusak. Jelaskan kepada anak-anak bahwa mereka dapat datang dan membicarakan pada ibu mereka jika ada seseorang yang mempengaruhi mereka pada jalan yang tidak sehat. Jika ada seseorang yang menyentuh anak-anak di daerah genital, anak-anak harus mempunyai kesadaran dengan hal itu. Bahkan jikalau anggota keluarga yang melakukan hal itu, seorang ibu tunggal harus mengetahui sesegera mungkin. Anak-anak harus percaya untuk bisa datang pada pada seorang ibu tunggal jika mengalami keadaan seperti itu. Mereka harus mengetahui bahwa ibu mereka akan menolong, ada untuk mereka dan melindungi.

Waspadai komitmen seperti apa yang dimiliki pengasuh dimana anak ditinggalkan. Gaya hidup semacam apa yang mereka miliki? Hal-hal seperti apa yang diijinkan oleh pengasuh anak-anak? Apa saja yang mereka ijinkan dilakukan oleh anak-anak. Di saat-saat seperti ini, jika ada komputer di rumah yang tidak dapat terproteksi dengan baik, seorang bocah kecil dapat secara tidak sengaja memasuki dunia yang seharusnya tidak boleh mereka jelajahi.

5. Waktu Untuk Anda Sendiri

Setiap orang memerlukan waktu spesial untuk menyendiri. Ini juga yang nyata-nyata dibutuhkan orang tua tunggal. Membuat suatu pengorbanan diri bagi anak-anak akan menjadi seperti jalan tol dalam hal kualitas hubungan ibu dan anak-anak. Di lain waktu, membangun daftar yang dibutuhkan dalam pengasuhan anak. Ajar anak-anak bahwa seorang ibu akan lebih dapat menahan amarah dan menjadi lebih sabar jika seorang ibu diberikan banyak waktu untuk merefleksi dirinya. Dan ini sebaiknya dibuat secara berkala seminggu sekali.

Beberapa ibu tunggal memiliki kecenderungan mudah merasa bersalah. Jika ibu ini mempunyai waktu untuk bergembira dan menikmati hidupnya maka ia akan mempunyai beban untuk melakukan hal yang lebih baik lagi bagi anak-anaknya. Jika anda adalah seorang ibu seperti ini, maka anda perlu membangun daftar apa-apa saja yang dibuat saat anda meninggalkan anak anda untuk satu atau dua jam sehingga anda dapat rileks dan akhirnya mengembangkan hal yang berbeda di waktu kedepan.

Jangan merasa hal ini seperti terlalu memanjakan diri dan merasa bersalah dengan hal ini, karena ini semua menjadi bagian yang baik dalam pengasuhan anak anda. Jikalau anda menjadi pelayan yang baik bagi diri anda dan anak-anak maka istirahat, rileks termasuk rekreasi adalah menjadi bagian di dalam proses pengasuhan tersebut.

Tuhan mempunyai tempat yang spesial bagi seorang ibu yang menjadi orang tua tunggal. Mintalah pada Tuhan segala kebutuhan mendasar yang diperlukan anak anda. Minta pada Tuhan untuk memberikan kebijaksanaan, kesabaran dan tuntunan. Tuhan ingin datang dan berjalan di samping anda dan menguatkan anda menjalani tugas mengasuh anak.

Sumber : Jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami