Simak, 6 Langkah Agar Tubuh Tetap Segar Pada Saat Musim Panas
Sumber: www.merdeka.com

Health / 20 April 2016

Kalangan Sendiri

Simak, 6 Langkah Agar Tubuh Tetap Segar Pada Saat Musim Panas

Mega Permata Official Writer
5752

Indonesia adalah negara tropis, berada dibawah garis khatulistiwa dan hanya memiliki dua musim yakni, musim dingin disebabkan hujan dan musim panas karena kemarau panjang. Yap, sebentar lagi kita akan memasuki musim panas atau musim kemarau. Musim panas atau musim kemarau dianggap musim buruk, terutama karena panasnya yang terik. Ketika kita memasuki musim ini, dimana dapat membuat dehidrasi pasti tingkat keinginan mengkonsumsi makanan/minuman segar dan dingin meningkat lebih banyak. Selain itu, kita lebih menyukai pergi ke tempat yang dingin.

Jangan khawatir tentang musim panas, karena memang ada kemungkinan untuk mendinginkan tubuh kita selama suhu panas. Ketika kita sedang di luar ruangan, tak heran panas juga mempengaruhi sikap emosional kita, jadi harus bisa menahan emosional kita. Untuk tubuh tetap dingin tidak segampang itu, kita juga harus merawat tubuh saat memasuki musim panas ini. Untuk itu ada 6 cara menyegarkan tubuh pada saat memasuki musim panas ini;

Pertama, Hindari Makanan Mengandung Asam

Tubuh anda akan cenderung memanas disaat musim panas. Makan kari pedas dan kafein adalah beberapa makanan yang perlu anda hindari, karena hal itu akan meningkatkan panasnya subuh anda secara internal. Hindari makanan seperti keju dan makanan asam lainnya. Lebih penting lagi, jauhi bayam, tomat, bawang merah dan bawang putih, karena dapat mempengaruhi tubuh anda, terutama metabolism dan pencernaan kita.

Kedua, Minuman Penghilang Hidrasi

Disini tidak membahas minuman bersoda. Air adalah minuman terbaik saaat hidrasi. Atau jika anda tidak suka meminum air biasa, ketimbang es teh, lemon, atau minuman olahraga. Jika anda ikut berolahraga di luar, kemudian coba pilih minuman olahraga dan bukan minuman bersoda. Karena minuman-minuman selain soda merupakan solusi terbaik untuk kesehatan anda. Minuman tersebut bahkan menggantikan klorida, sodium da potassium yang hilang saat berkeringat.

Ketiga, Latihan Ringan

Jika anda lebih menyukai kegiatan olahraga di luar, cobalah untuk melakukannya pada saat ketika cuaca dingin. Pagi hari adalah yang waktu terbaik. Pilihlah olahraga senam, atau berenang selama musim panas juga dapat mendinginkan suhu tubuh kita dan menyegarkan.

Keempat, Pelembap Kulit

Cara mudah lainnya untuk mendinginkan suhu tubuh anda, adalah mengganti lotion pelembab biasa anda dengan lidah buaya. Karena, hal ini dapat menurunkan suhu di kulit anda. Menggunakan lidah buaya pada kulit anda secara teratur dapat menurunkan suhu tubuh internal anda.

Kelima, Menggunakan Tabir Surya

Jika anda berkulit hitam atau putih sekalipun, anda masih perlu memakai tabir surya untuk melindungi sengatan panas matahari. Hal penting dalam tabir surya adalah adanya SPF pada yang baik, sehingga mencegah kulit anda dari bintik-bintik coklat atau discolouration kulit. Jika kulit anda terbakar karena panas, gunakan lidah buaya disekitar kulit tersebut untuk kembali melindungi kulit kita.

Keenam, Menggunakan Bahan Katun

Untuk mendapatkan tidur malam yang cukup dimusim panas ini, ada beberapa perlengkapan yang perlu disiapkan. Cara mudahnya adalah menggunakan seprei atau bantal berbahan katun. Hal tersebut akan berguna dan efektif untuk mendinginkan tubuh anda,  tidur anda pun nyenyak tidak kegerahan ataupun mengeluarkan keringat.

Sumber : Boldsky.com/Jawaban.com/
Halaman :
1

Ikuti Kami