Tips Ampuh Miliki Hubungan Tetap Kompak Dalam Pernikahan

Marriage / 12 April 2016

Kalangan Sendiri

Tips Ampuh Miliki Hubungan Tetap Kompak Dalam Pernikahan

Mega Permata Official Writer
4527

Salah satu hal yang paling indah menyaksikan pasangan yang telah lama menikah selama puluhan tahun adalah hubungan persahabatan yang luar biasa diantara mereka berdua, melewati dari tahun ke tahun secara bersama-sama dan kompak. Mungkin seperti hubungan orang tua anda atau pasangan lainnya, bagaimana cara mereka dapat tertawa dengan satu kata atau hanya lewat tatapan saja, atau sukacita yang mereka miliki adalah berasal dari kehadiran pasangan mereka. 

Walau rambut mereka sudah memutih, tapi kasih sayang mereka masih tetap terjalin mesra, keduanya seperti pasangan yang “bersahabat”. Adalah sukacita untuk melihat dan tentu berkat pengalaman dalam pernikahan. Tapi persahabatan dalam pernikahan tidak mudah pada kenyataannya. Bagaimana mereka terlihat kompak, seperti hubungan persahabatan diantara dua orang teman, Courtney Joseph, dari Women Living Well Ministries, membagikan 8 langkah pasangan dapat mempertahankan persahabatan dalam pernikahan mereka. Berikut beberapa poin penting.

Pertama, Komunikasi yang Baik

Seringkali, ini dilakukan untuk membuat waktu percakapan terjadi, misalkan saat makan malam bersama tanpa gangguan. Komunikasi yang baik adalah tidak terjadi tanpa kesengajaan.

Kedua, Pendengar yang Baik

Kita tidak bisa memiliki komunikasi yang baik bila kita tidak bisa menjadi pendengar yang baik. Mengajukan pertanyaan atau membuat kesimpulan untuk mengingatkan apa yang kita ketahui, dapat membuat hubungan bertahan dalam pernikahan.

Ketiga, Loyalitas

Dimana dari poin ini adalah mengenai kesetiaan atau loyalitas pada pasangan kita. Courtney menjelaskan, jika seseorang memperlakukan salah satu dari pasangan mereka dengan buruk, maka salah satu pasangan harus selalu setia memberikan nasihat dengan baik dan tetap mendukung mereka. 

Keempat, Membuat Suatu Kenangan Memori

Seperti merencanakan liburan khusus, mengenakan baju yang berseragam, tamasya dengan cucu-cucu, mendokumentasikannya dan melakukan hal yang menyenangkan lainnya. Dengan mendokumentasikan ke dalam foto album atau video, menciptakan kenangan yang tak terlupakan dan tak membosankan.  Hubungan kekeluargaan pun terlihat kompak dan terjaga.

Kelima, Berbagi Iman

Mungkin anda tidak akan setuju pada segala sesuatu, tetapi atas hal-hal besar seperti iman dan nilai-nilai akan membantu anda menyelesaikan masalah-masalah kecil yang bermunculan.

Keenam, Saling Beri Dukungan Masing-Masing Pelayanan 

Ketika berkomitmen memberikan rahmat pelayanan berarti akan banyak menghabiskan waktu di luar rumah. Memberikan dorongan bakat dan talenta yang dimiliki oleh pasangan anda dan desak mereka untuk memanfaatkan bakat-bakat dengan baik dari kemampuan yang mereke miliki. Pujilah mereka untuk pekerjaan baik yang mereka lakukan dalam pelayanan mereka dan tak lupa untuk menawarkan bantuan.

Dalam Roma 12:10, Paulus mengajak orang untuk percaya, “Hendaklah kamu mengasihi sebagai saudara dan saling mendahului dalam memberi hormat.”  Baiknya implikasi ini tidak hanya di komunitas Kristen secara luas, tetapi juga diterapkan dalam pernikahan anda sendiri juga. Jika anda membuat tujuan bersama pasangan, dan menempatkan kebutuhan pasangan anda diatas kepentingan anda sendiri, maka hal-hal yang indah akan terjadi. Tetapi untuk melakukannya dengan baik, biarkan hidup anda diisi dengan kasih Bapa sehingga kita bisa mencurahkan pasangan kita dengan kasih karunia dari Tuhan. 

Sumber : crosswalk/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami