7 Cara Ampuh Meraih  Sukses Tanpa Harus Pakai Gelar Sarjana

7 Cara Ampuh Meraih Sukses Tanpa Harus Pakai Gelar Sarjana

Puji Astuti Official Writer
6955

Menurut Organization for Economic Co-operation and Development, hanya 46 persen dari mahasiswa yang benar-benar menyelesaikan kuliah mereka. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa lulusan perguruan tinggi usia 25-32 memperoleh penghasilan lebih tinggi  $ 17.500  per tahun dari rekan-rekan mereka yang tidak memiliki gelar sarjana. Tapi, mengingat biaya tinggi bangku perguruan tinggi saat ini dan munculnya berbagai bidang usaha terutama di industri kreatif, mencari pekerjaan tanpa harus bergelar sarjana bisa menjadi alternatif.

Tentu saja, siapa pun yang beruntung mendapatkan kesempatan untuk mengenyam pendidikan formal harus menghargai hal itu, tapi hal tersebut tidak mengurangi potensi yang bisa dicapai oleh mereka yang  tidak memiliki gelar yang ambisius. Pendiri PayPal Peter Thiel berpendapat bahwa orang yang memiliki ide yang bagus dan pengalaman kerja memiliki bobot yang lebih besar daripada nilai pendidikan formal. Bahkan organisasi yang ia bentuk, Thiel Fellowship menawarkan hibah $ 100.000 untuk mereka yang  putus kuliah dan mereka yang menunda pendidikan formalnya untuk menjadi pengusaha.

Namun, Anda tidak butuh Thiel Fellowship, gelar atau bahkan banyak pelatihan untuk mengasilkan uang dan membuka jalan menuju kesuksesan. Sebaliknya, Anda dapat menciptakan peluang Anda sendiri atau meningkatkan potensi Anda untuk berkembang. Berikut adalah delapan cara terbaik yang disarankan oleh Susan Patel, kontributor di Entrepreneur.com yang juga merupakan seorang pengusaha dan marketer bagaimana caranya  untuk menghasilkan uang tanpa gelar sarjana.

1. Memulai bisnis jasa

Sebuah bisnis jasa biasanya jenis yang paling mudah untuk dimulai. Tidak ada banyak yang perlu disiapkan dan Anda tidak perlu banyak kontak atau bahkan sebuah situs web untuk memulai. Sebaliknya, Anda hanya perlu keterampilan yang berharga dimana orang akan membayar Anda secara terus menerus. Contohnya adalah membuat bisnis penulisan konten, desain web dan konsultasi sosial media.

Fokuskan bukan pada jumlah bayaran yang Anda terima tetapi bagaimana Anda bisa memberi nilai tambah kepada klien Anda, maka percayalah usaha Anda pasti akan berkembang dengan pesat karena mereka merasa diuntungkan dan menyebarkan layanan Anda yang sangat memuaskan.

2. Berinvestasi dalam real estate

Jika Anda memiliki modal yang cukup besar, Anda bisa mencoba usaha dibidang real estate dan memulai bisnis sewa properti. Tapi apakah Anda benar-benar tahu bagaimana cara mengelola properti yang berhasil? Jika tidak,bergabunglah dengan tim pengembang yang berpengalaman atau usaha ke real estate komersial melalui crowd funding bisa menjadi salah satu alternatifnya.

situs crowd funding seperti RealtyMogul.com dapat memberikan Anda akses ke bisnis properti komersial untuk modal mulai $ 5.000. Investor juga dapat menghemat waktu dan sumber daya dengan melihat penawaran dan presentasi online untuk membantu mereka membuat keputusan.

3. Tawarkan jasa konsultasi

Mari berpikir lebih besar, daripada menawarkan jasa untuk melatih pembukuan per jam, atau mengajar kursus untuk menjadi  manajer bisnis coba osisikan diri Anda sebagai konsultan dan dibayar untuk berbagi saran tentang segala sesuatu mulai dari manajemen yang ramping hingga pembukuan dalam usaha yang baik. Pikirkan tentang nilai tambah bagi klien Anda saat Anda berhasil membantu memecahkan  'masalah besar' dalam bisnis mereka.

Konsultan menikmati fleksibilitas sebagai kontraktor independen yang dapat bekerja dengan sebuah usaha bahkan untuk jangka panjang. Sementara konsultan tidak perlu gelar sarjana, mereka mendapatkan keuntungan dari memiliki sertifikasi dengan kemampuan merekomendasikan sebuah solusi. Konsultan juga membutuhkan pengetahuan yang  mendalam untuk industri yang digelutinya.

4. Buat produk

Semua orang mengajarkan bagaimana menjual buku dalam bentuk ebooks dan menghasilkan uang, tapi ada begitu banyak produk lain di luar sana. Internet penuh dengan produk-produk premium baik yang dijual melalui blog pribadi atau  website perusahaan. Bergabung dengan situs seperti Gumroad, yang menjual musik, buku, perangkat lunak, film dan banyak lagi. Pada kenyataannya, penjual dapat menghasilkan keuntungan dari hampir setiap materi menghibur atau berguna.

Tapi, sebelum Anda mulai membuat produk, pikirkan tentang bagaimana untuk menciptakan peluang baru. Rekam lokakarya Anda berikutnya atau saat Anda mendesain ulang website dan jelaskan bagaimana proses Anda memulai hal tersebut. Sewalah editor video untuk memoles produk akhir, kemudian upload-lah ke Gumroad untuk mendapatkann aliran dana tambahan.

5. Menjadi seorang ahli dalam sebuah materi tertentu

Jadilah seorang ahli dalam sebuah materi pembelajaran atau Subject matter expert (SMEs) yang membagikan pengetahuan dan keahlian dalam satu subjek tertentu. Tugas Anda adalah untuk memastikan bahwa konten Anda tentang subjek tersebut benar-benar akurat. Perusahaan yang ingin melatih staf membutuhkan seorang ahli seperti ini, Anda bisa melakukannya dengan menjual video pelatihan  hingga melakukan in-house training. Para ahli ini  biasanya berasal dari bidang akademik, teknis dan kejuruan, tetapi tidak ada gelar khusus yang diperlukan.

6. Sewakan barang-barang Anda

Banyak perusahaan penyewaan dimulai dengan hanya satu orang menyewakan  peralatan miliknya sendiri, seperti mesin cuci, alat-alat listrik atau perabot kantor. Untuk mendapatkan inspirasi, Anda bisa melihat apa yang dilakukan orang di Craigslist, seperti menyewa dan menyiapkan istana balon atau kostum ulang tahun karakter superhero. Dapatkan ide kreatif lainnya, seperti pertimbangkan untuk menyewakan rumah Anda, kendaraan Anda atau barang antik langka Anda sendiri untuk dekorator set  pada sebuah film.

7. Jadilah petualang

Industri wisata di negeri ini sekarang sedang memasuki puncaknya, hal ini memunculkan berbagai peluang. Mulai dari travel bloger, pemandu wisata, agen travel hingga pekerjaan unik seperti instruktur olahraga ekstrim. Jika Anda seorang petualang dan juga melakukan travelling, Anda bisa mempertimbangkan usaha dibidang ini. Selain menikmati hidup, Anda juga bisa menghasilkan uang.

Kesimpulannya, tidak ada apapun yang bisa menghalangi seseorang untuk sukses, termasuk dengan yang disebut "gelar sarjana" atau pendidikan formal. Asalkan seseorang memiliki kemauan yang tinggi, kreatif, kerja keras dan mau mencoba maka pasti ada peluang yang akan terbuka dan membawanya kepada kesuksesan. Apakah Anda salah satunya? Yuk berbagi cerita dengan mengirimkan kisah Anda ke [email protected]

Sumber : Entrepreneur.com | Puji Astuti

Ikuti Kami