Selain Menyembuhkan Asma Ini Lho 5 Manfaat Olahraga Renang
Sumber: onlybackground.com

Health / 6 April 2016

Kalangan Sendiri

Selain Menyembuhkan Asma Ini Lho 5 Manfaat Olahraga Renang

Mega Permata Official Writer
8261

Salah satu olahraga yang paling digemari adalah renang. Olahraga renang merupakan jenis olahraga air yang menyenangkan, salah satu efek manfaatnya adalah badan yang terlihat tinggi. Tak heran banyak sekolah-sekolah saat ini menetapkan olahraga renang sebagai aktivitas wajib di sekolah. Sama dengan sekolah, beberapa kantor kini juga memberikan fasilitas renang bagi karyawan mereka. Kenapa demikian? Karena mereka menyadari bahwa olahraga air atau renang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Dengan adanya olahraga renang, diharapkan membuat anak-anak sekolah dan juga karyawan sehat dan produktif. Berikut beberapa manfaat yang dapat kamu rasakan.

Pertama, Menghilangkan Stres

Menurut penelitian, air mempunyai efek yang kuat untuk otak kita. Menghabiskan waktu di dekat air seperti di pantai, memberikan manfaat otak sedikit relaksasi dari rangsangan berlebihan yang otak kita dapatkan melalui aktivitas modern sehari-hari. Otak kembali refresh,  relaks dan jauh dari stress.

Teruntuk anda yang suka traveling dan dapat berenang di laut, danau, atau sungai, ini justru jadi kelebihan besar dalam hal kesehatan anda. Studi menunjukkan bahwa menghabiskan waktu di alam dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental secara signifikan dan hal ini dapat memperbaiki suasana hati serta menghilangkan stress.

Kedua, Membuat Paru-Paru Sehat dan Asma

Beberapa riset menunjukkan bahwa ada hubungan antara perenang dengan kapasitas paru-paru yang lebih baik daripada orang biasa. Dengan paru-paru yang sehat, tubuh dapat memproses oksigen dengan lebih efektif. Hal ini akan membuat anda tak mudah kehilangan napas tiba-tiba seperti halnya asma. 

Renang juga dapat menyembuhkan asma. Saat berenang, langkah yang diharuskan adalah mengatur napas. Gerakan renang pun menguatkan otot yang ada disekitar jantung dan paru-paru. Karenanya, menurut sebuah penelitian tahun 2009, anak-anak yang berenang selama kurang lebih enam minggu, gejala asmanya berkurang. 

Ketiga, Meninggikan Badan

Meninggikan badan dengan mengikuti olahraga renang sudah dipercaya dari dulu. Menurut berbagai penelitian berenang menempati urutan teratas dalam upaya anda meninggikan badan yang optimal. Sehingga, tak heran di sekolah-sekolah sudah menganjurkan olahraga renang. 

Keempat, Membangun Kekuatan Otot dan Kemampuan Kardio

Berenang digolongkan menjadi latihan semacam aerobik. Berenang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dalam berolahraga dan menambah kekuatan. Membangun dan mempertahankan otot meski usia makin bertambah, adalah hal yang penting untuk mempertahankan kesehatan tubuh untuk jangka waktu yang panjang. 

Kelima, Menurunkan Risiko Terkena Diabetes

Berenang juga sangat efektif untuk menghindari anda dari terkena diabetes, olahraga ini sangat ampuh untuk menurunkan dan membakar kalori dan lemak serta gula dalam darah agar anda terbebas dari diabetes.

Keenam, Meredakan Radang Sendi

Postur tubuh terutama daerah punggung ini bisa diperbaiki dengan berenang. Latihan berenang bisa mengurangi masalah yang menyerang tulang belakang. Gerakan motorik secara konstan baik tangan ataupun kaki dapat memperkuat otot sehingga lebih kencang.

Nah, itulah beberapa manfaat kecil dari olahraga air atau renang. Untuk merasakan hasilnya, anda harus rutin berolahraga renang. Mulai sekarang jangan hanya olahraga lari atau sepak bola saja, tapi cobalah untuk mengikuti renang. 

Sumber : berbagai sumber/Jawaban.com/em
Halaman :
1

Ikuti Kami