Lori Mora

Official Writer
7951


Kesibukan atau insomnia mungkin saja menjadi penyebab kurang tidur. Padahal kita tahu bahwa dampak kurang tidur begitu signifikan bagi kondisi fisik seperti menimbulkan kelelahan, nyeri otot, lemas, pusing dan sebagainya. Kondisi seseorang yang kurang tidur semakin parah ketika harus dituntut untuk melakukan aktivitas harian yang padat dan menuntut vitalitas. Jika sudah demikian, perlu sekali untuk menyiasati bagaimana cara untuk tetap bisa merasa bugar dan tidak merasa ngantuk sepanjang hari.

Berikut 5 tips ampuh yang bisa bikin tubuh tetap bugar dan segar meski kurang tidur.

Menggosok Wajah

Sebuah penelitian yang dipublikasikan British Medical Journal menyampaikan bahwa seseorang yang begadang akan tampak kurang segar, ditandai dengan kulit yang menjadi lesu. Jadi, agar kulit wajah tetap terlihat segar, orang yang kurang tidur bisa melakukan exfoliation atau prosedur untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Caranya:

- Bersihkan wajah dari seluruh kotoran dan make up yang masih menempel. Gunakan cleanser sesuai jenis kulit, bilas dengan air hangat kuku.

 - Steam wajah untuk mengendorkan pori. Jika tidak punya alat steam, isi baskom dengan air panas dan arahkan uap ke wajah selama 10-15 menit.

 - Letakkan exfoliator pada ujung jari atau kain lembut. Usapkan perlahan dengan gerakan melingkar ke atas pada seluruh wajah, terutama hidung dan dahi yang cenderung berminyak.

- Bersihkan exfoliator dengan air hangat kuku dan percikkan air dingin untuk mengencangkan pori. Keringkan wajah menggunakan handuk dengan cara menepuknya secara lembut dan perlahan menggunakan handuk bersih.

- Oleskan pelembab wajah hingga ke bagian leher secara merata.

Lari pagi

William Kohler, MD dari Florida Sleep Institute mengatakan bahwa olahraga penting sekali untuk membantu melepaskan andrenaline ke tubuh, sehingga membuatnya terjaga kembali. Dalam kondisi kurang tidur, olahraga sangat membantu untuk membuat tubuh tetapbugar. Selain itu, olahraga juga dapat menjadi pendorong mood yang positif. Caranya dengan membilas wajah dengan air dingin, kemudian lakukan jongging selama 5 menit.

Atur pola makan

Dalam kondisi kurang tidur, sebaiknya perut tetap kenyang. Pastikan memakan menu yang sehat saat sarapan, makan siang atau malam hari agar tubuh mendapat cukup nutrisi yang berguna untuk menjaga kebugaran tubuh. Mnegkonsumsi makanan dengan gizi seimbang akan mencegah tubuh menjadi lesu dan ngantuk. Adapun jenis makanan yang sangat dianjurkan adalah biji-bijian, buah-buahan segar dan protein yang mengandung asam amoni sebagai sumber energi.

Menatap langit

Saat pagi hari cerah, cobalah mengarahkan mata ke langit. Hal ini bermanfaat untuk memicu fotoreseptor di mata dan memberikan reaksi biokimia tertentu. “Reaksi kimia inilah yang akan menurunkan produksi hormon pemicu tidur yaitu melatonin sehingga rasa kantuk akan hilang,” ucap peneliti tidur Bert Jacobson, PhD.

Tidur Siang dan minum kopi

Trik ini diperlukan untuk memberikan jeda atau jam istirahat bagi otak. Gunakanlah jam istirahat atau makan siang untuk tidur bareng 15-30 menit. Carilah tempat yang tenang dan nyaman untuk tidur. Setelah bangun, minumlah segelas kopi hangat karena kafein dan tidur diklaim sebagai kombinasi yang sangat efektif untuk membuat tubuh menjadi segar.

Tidur memang menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan aktivitas sehari-hari, jangan sampai.


Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik di sini.

Sumber : Detik.com/jawaban.com/ls


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Bestina 123 1 April 2020 - 06:38:40

Apa arti Tuhan mengindahkan Elkana dan Hana

0 Answer

Sriyanna 31 March 2020 - 23:45:14

Cara bebas utang kartu kredit

0 Answer

Sriyanna 31 March 2020 - 23:44:30

Cara bebas utang

0 Answer


Dans Beem 23 March 2020 - 22:36:34
Dsni saya memohon agar abang saya di doain, untuk ... more..

Nining Bella 23 March 2020 - 01:52:16
shallom saudara seiman,..saat ini keluargaku terli... more..

Edward Harjono 17 March 2020 - 22:54:24
Dukung doa anak saya Evan spy komitment dalam renc... more..

adiek sheptina 25 February 2020 - 10:15:45
Saudara, mohon bantuan doa utk saya yang mencari p... more..

Banner Mitra Maret Week 3


7269

Banner Mitra Maret Week 3