Mega Permata

Official Writer
3150


Terkadang pola pikir orang tua dengan anak sangat berbeda hampir seratus delapan puluh derajat. Anda memiliki pemahaman sendiri begitu pun anak anda. Biasanya pola pikir anak anda terbentuk dari lingkungan, baik dari pergaulan, tontonan TV maupun teman-temannya.

Sebagai orang tua, sudah selayaknya anda tetap sabar dan mau mendengarkan masalah yang dihadapi putra-putri anda. Jangan sampai memberikan nasihat keras yang justru membuat mereka semakin menjauhi anda. Beberapa dari mereka terkadang salah pengertian tentang apa maksud orang tua terebut. Sedangkan jika orang tua tidak segera mengambil langkah utnuk bersahabat dengan mereka, tidak menutup kemungkinan mereka merasa lebih nyaman bersama orang lain daripada dengan orangtuanya.

Berikut adalah beberapa pendekatan untuk bisa bersahabat dengan putra-putri anda.

Pertama,  Sering Mengucapkan Pengertian dibanding Larangan

Masa pubertas yang sedang mereka alami memiliki kelabilan emosi. Dengan terlalu seringnya anda mengatakan “tidak” terhadap hal-hal yang ia harapkan tanpa ada pertimbangan, maka ia akan mencari kesenangan lainnya yang menurutnya mendukung kebebasan yang ia inginkan.

Kedua,  Mengenal Baik Setiap Temannya

Kenali teman-teman dari putra-putri anda. Dengan begitu anda juga bisa bersahabat dengan mereka. Sesekali ajak mereka untuk berbincang dan bergurau, sehingga anda justu akan mudah untuk mengawasi putra-putri anda.

Ketiga,  Menjadi Teman Curhat

Kelabilan emosi yang dimiliki mereka saat ini membutuhkan seseorang yang mampu menahan dan menyamankan posisinya dalam hal apapun menurutnya. Dia akan lebih dapat terbuka dengan anda, sebab dia merasa lebih nyaman ketika bersama anda daripada teman-temannya. Disamping itu anda juga akan lebih mengetahui kepribadiannya dari setiap apa yang ia ceritakan.

Keempat,  Tahan Emosi

Jangan mengomel panjang lebar atau membentak mereka untuk suatu kekliruan atau kesalahan. Cobalah selesaikan dengan hati dan kepala dingin. Anak akan lebih menghargai sikap orang tua apabila teguran disampaikan dengan cara yang lebih elegan.

Kelima,  Tetap Memberikan Kasih Sayang dan Cinta

Terakhir yang paling penting adalah, yakinkan kepada mereka bahwa apapun yang terjadi, sebutuk apapun mereka, kita akan selalu membuka tangan dan merangkulnya dengan hangat. Orang tua akan tetap sayang dan mengasihi anak-anaknya dengan sepenuh hati. Jika ada masalah, pulang ke rumah dan kembali kepelukan orang tua adalah sikap yang paling bijaksana.

Keenam,  Dukungan & Kepercayaan

Sebuah dukungan dan kepercayaan juga penting kita berikan kepada anak-anak kita. Buat dia menjadi anak yang bertanggung jawab dengan diberinya kepercayaan. Hal ini membuat mereka merasa sedikit diberi kebebasan namun tetap terarah. 

Sumber : berbagai sumber/Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

3 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


Lawrence Fabian Jerangku 19 July 2020 - 23:26:45
Saya meminta doa kalian berserta isteri saya menga... more..

Varris Sitio 15 July 2020 - 10:09:27
Saya Varris dan merupakan salah satu karyawan swas... more..

purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

advertise with us


7237

advertise with us