Menurut Survei, Pemimpin Agama ini Jadi yang Nomor Satu Sedunia
Sumber: Aljazeera.com/AP

Internasional / 2 April 2016

Kalangan Sendiri

Menurut Survei, Pemimpin Agama ini Jadi yang Nomor Satu Sedunia

daniel.tanamal Official Writer
3942

Lembaga survey WIN/Gallup International merilis hasil jajak pendapat yang mereka lakukan kepada 1.000 orang di 64 negara, dan hasilnya sangat mengejutkan, mayoritas memiliki pendapat positif terhadap sosok pemimpin Vatikan, Paus Fransiskus. Dan, Paus asal Argetina tersebut saat ini dipandang lebih tenar dibanding para pemimpin politik dunia lainnya.

Kalangan Katolik Roma dan Yahudi pun memiliki pendapat yang paling positif tentang Paus. Sementara lebih dari setengah pemeluk Protestan di dunia dan bahkan mayoritas kaum ateis dan agnostik juga mempunyai pandangan yang sama. Mereka yang mengambil bagian dalam jajak pendapat ditanyai: "Terlepas dari agama Anda sendiri, apakah Anda memiliki pandangan yang sangat baik, agak baik, agak tidak baik atau sangat tidak baik tentang Paus Fransiskus?"

Paus Fransiskus menjadi tokoh yang paling populer di kalangan Katolik Roma dan Yahudi, masing-masing dengan angka 85% dan 65%. Di antara 64 negara yang disurvei, Filipina merupakan negara yang paling antusias dengan 93% berpandangan positif tentang Paus.
Lembaga survey WIN/Gallup mengatakan bahwa Paus memimpin di peringkat teratas ketika dibandingkan dengan popularitas global para pemimpin politik dunia. Paus memperoleh angka bersih -selisih antara opini baik dan tidak baik- sebanyak +41, di atas Presiden AS Barack Obama +30, Kanselir Jerman Angela Merkel +13, Perdana Menteri Inggris David Cameron +10 dan Presiden Prancis Francois Hollande +6.

Presiden lembaga survey WIN/Gallup Internasional Jean-Marc Leger mengatakan: "Paus Fransiskus merupakan seorang pemimpin yang melampaui agamanya sendiri. Penelitian kami menunjukkan bahwa mayoritas warga di dunia, dari berbagai agama yang berbeda dan dari brbagai wilayah, memperoleh citra yang baik tentang Paus.”

Namun nama Paus Francis berada pada peringkat terendah di Tunisia, Turki dan Aljazair, sementara sebagian besar orang di Azerbaijan mengatakan mereka tidak tahu banyak tentang dia.


Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami