Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
4002


Para arkeolog mengklaim temukan sebuah porselen ukir bertuliskan simbol ‘Yesus’ saat tengah menggali sejumlah artefak di Brentford, London Barat. Porselen ukir ini diyakini sebagai benda peninggalan para pengikut Yesus yang tinggal di Brentford pada jaman Romawi di abad ke-4.

Benda yang kelihat sudah using ini dinilai akan menjadi barang berharga karena berkaitan dengan sejarah penyebaran agama Kristen di London atau dahulu dikenal dengan sebutan Londinium. Penggalian artefak ini sebenarnya sudah dilakukan pada tahun 1970, namun kala itu belum diketahui bahwa benda ini ternyata sangat bernilai.

Penemuan ini pertama kali dipublikasikan seorang relawan dari Museum Arsip Arkeologi London. Di dalam porselen keramik ini terdapat dua simbol ‘Yesus’. “Awalnya kami melihat ada semacam tanda di kendi dan kemudian segera menyadari secara signifikan sesuatu yang kami temukan,” ucap Manajer Koleksi Arkeologi Adam Corsini.

Bagian benda yang diyakini berupa kendi itu bertanda gambar monogram bertuliskan chi (X) dan rho (P). Dalam bahasa Yunani, dua kata itu berarti ‘Christos’ atau dalam bahasa Indonesia ‘Kristus’.

“Simbol Kristen peninggalan jaman Romawi ini sangat langka, terutama situs yang ada di Londinium di sekitar Hinterland, yang meliputi moder Brentdor dan hanya ada beberapa contoh di antara koleksi kami yang berkaitan dengan London,” terang Corsini.

Meskipun peneliti hanya menemukan sebagian kecil benda-benda serupa di lokasi pengalian artefak di London, namun mereka meyakini orang-orang Kristen di abad ke-4 Romawi menyebar ke beberapa tempat. Tidak ada gereja Roma yang tampak berdiri di sekitar kota, tetapi kehadiran para pengikut Yesus di jaman ini telah membawa pengaruh besar bagi keyakinan warga di sana yang sebagian besar adalah penganut agama Kristen.

“London adalah pelabuhan dengan ide-ide baru yang bermunculan, bukan hanya benda seperti minyak zaitun dan anggur. Ide ini menyebar dari London ke Brentford, satu hari perjalanan jauhnya saat itu,” kata Kepala Lembaga Koleksi Arkeologi, Roy Stephenson.

Penemuan ini pun mengilhami para peneliti tentang Brentford yang mungkin berkaitan dengan sejarah Romawi. Stephenson mengatakan daerah ini mungkin lebih maju daripada yang diperkirakan. Dan untuk pertama kalinya, porselen keramik ini telah dipamerkan di Museum London.

Sumber : Cbn.com/jawaban.com/ls


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erlan Atandima 14 December 2019 - 10:58:36

Ciri ciri lahir kemabali

0 Answer

Shanty Nurvita 13 December 2019 - 22:07:07

Tiga kali umur Airin di kurangi umur Amel lebih da.. more..

0 Answer

Anang Dwi 12 December 2019 - 16:02:35

Cara bertobat

0 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Banner Mitra Desember week 2


7265

Banner Mitra Desember week 2