5 Kiat Dukung Anak Saat Cemas Hadapi Ujian Sekolah
Sumber: corporate.troweprice.com

Parenting / 17 March 2016

Kalangan Sendiri

5 Kiat Dukung Anak Saat Cemas Hadapi Ujian Sekolah

Lori Official Writer
4251

Beberapa pekan ke depan para orang tua patut tahu bila anak Anda yang tengah duduk dibangku kelas akhir baik SD, SMP dan SMA mulai sibuk dengan persiapan ujian nasional (UN) mereka. Tentu saja sebagian anak akan merasa khawatir lantaran wajib memenuhi standar nilai yang ditetapkan pemerintah agar bisa lulus. Meskipun segala macam persiapan sudah dilakukan, tetapi anak Anda masih tetap saja merasa cemas. Nah, di saat inilah mereka butuh mendapat dukungan besar dari orang-orang terdekatnya, khususnya Anda.

Anda bisa membantu mengurangi ketegangan dan kecemasan anak sebelum menghadapi ujian sekolah dengan 5 kiat ini:

#1 Dampingi persiapan ujian

Orangtua bisa membantu anak mengingatkan hal-hal yang harus dipersiapkan saat ujian. Saat masa persiapan menjelang ujian seperti saat ini, dorong anak untuk mengulang kembali pelajaran yang sebelumnya. Hindari mengerjakan soal yang belum ada kunci jawabannya, karena bila tidak bisa dijawab, dia bisa saja akan merasa panik dan gugup.

#2 Pastikan anak cukup istirahat

Anak boleh saja belajar keras tetapi selalu ingatkan bahwa kesehatan juga perlu dijaga. Jangan biarkan anak terlalu terfokus dengan sengala macam persiapan ujian tanpa menikmati masa istirahat. Dalam hal ini, orangtua bisa mengatur jam istirahatnya sesuai dengan jadwal belajarnya.

#3 Beri makanan bernutrisi

Jatuh sakit menjelang ujian anak membuat persiapan anak menjadi tidak maksimal. Untuk itu, menjadi tugas orangtua untuk mengatur pola makan anak dengan tepat. Berikan makanan sehat yang kaya nutrisi dan protein seperti sayuran, buah-buahan, sereal, susu dan telur. Hindari agar anak tidak mengemil junkfood atau fastfood yang hanya akan membuat otak mereka tidak bekerja secara optimal.

#4 Ajar anak untuk percaya diri

Saat anak mulai mengutaraan kecemasannya, ambillah waktu untuk mendengarkan kemudian motivasi anak agar mau menerima dan berani menghadapi ujian dengan penuh percaya diri. Yakinkan anak bahwa ketika dia sudah melakukan persiapan yang maksimal, tak ada yang perlu dicemaskan. Ajarkan anak untuk mengerjakan ujian dengan masksimal dan menerima hasil apapun.

#5 Seimbangkan waktu belajar dan bersantai

Persiapan yang baik adalah kunci mencapai kesuksesan. Orang tua bisa mendukung persiapan ujian anak dengan membuat jadwal belajar setiap harinya, namun dengan catatan tetap berikan mereka waktu rehat untuk bersantai sejenak, seperti waktu menonton TV atau olahraga. Dengan membuat jadwal belajar, orang tua juga bisa lebih mudah mengontrol kegiatan anak lewat jadwal itu, bila perlu tempelkan jadwal tersebut di dinding kamar atau ruang belajar agar dapat dilihat dengan jelas.

Saat menghadapi ujian di hari H, orangtua juga perlu memastikan anak siap secara persiapan dan mental. Ajak anak untuk berdoa terlebih dahulu agar segala persiapan yang sudah dilakukan sebelumnya akan berguna saat dalam proses ujian berlangsung. Yakinkan anak Anda untuk meminta hikmat dan bimbingan Tuhan selama ujian berlangsung.


Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik di sini.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami