Vatikan Akan Nobatkan Wanita ini Menjadi Orang Suci, Siapakah Dia?
Sumber: BBC

Internasional / 17 March 2016

Kalangan Sendiri

Vatikan Akan Nobatkan Wanita ini Menjadi Orang Suci, Siapakah Dia?

daniel.tanamal Official Writer
4596


Otoritas tertinggi Katolik Roma, Vatikan menyatakan akan mengkanonisasi (menobatkan) secara resmi, Bunda Teresa menjadi orang suci atau disebut “santa” menurut tradisi Katolik pada 4 September 2016 mendatang. Rencana penobatan itu sendiri telah lama disuarakan, namun baru dapat terlaksana tahun ini.

Tanggal tersebut dipilih sebagai pengangkatannya menjadi orang suci atau Santa, karena bertepatan dengan malam sebelum peringatan kematiannya pada 5 September 1997. “Paus Fransiskus telah mendengar banyak kontribusi Bunda Teresa selama hidupnya,” kata juru bicara Vatikan Federico Lombardi.

Sebelumnya pada Desember 2015, Paus Fransiskus mengumumkan, bahwa Bunda Teresa akan diangkat menjadi orang kudus setelah mengakui mukjizat kedua yang dikaitkan kepadanya, yakni penyembuhan seorang pria Brasil yang mengalami tumor otak setelah orang-orang terkasih berdoa kepadanya. Biarawati kelahiran Albania 1910 itu dibeatifikasi pada Oktober 2003 oleh mendiang Paus Yohanes Paulus II yang mengesahkan mukjizat pertamanya. Saat itu, seorang wanita 30 tahun di Kolkata mengatakan dia sembuh dari tumor perut setelah berdoa kepada Bunda Teresa. 

Bunda Teresa terlahir dengan nama baptis Agnese Gonxha Bojaxhiu. Diusia 18 tahun dia bergabung dengan sebuah biara Irlandia, tempat dia menerima nama biarawatinya sebagai Suster Maria Teresa. Setelahnya, Teresa hijrah ke India dan mengajar di St. Mary School, sekolah asrama khusus untuk anak perempuan di Darjeeling pada  Januari 1929. 

Dalam aturan Katolik, butuh puluhan tahun bagi gereja Katolik untuk mengangkat seseorang sebagai orang suci. Namun untuk Bunda Teresai berlangsung sangat cepat di bawah kepemimpinan Paus Fransiskus dan Paus Yohanes Paulus II. Seseorang dapat menjadi seorang santa atau santo jika seseorang tersebut memiliki keistimewaan spiritualnya menginspirasi, yang dibuktikan dalam wujud "mujizat".


Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami