Branson & Buffett Setuju Keahlian Ini Tiket Anda Untuk Sukses
Sumber: Jawaban.com

Finance / 17 March 2016

Kalangan Sendiri

Branson & Buffett Setuju Keahlian Ini Tiket Anda Untuk Sukses

Puji Astuti Official Writer
3407

Dua orang miliader dan bisnisman kelas dunia ini setuju bahwa keahlian yang satu ini sangat penting bagi seseorang untuk mencapai kesuksesan dibidang apapun bisnis yang digelutinya. Keahlian apakah itu dan apakah Anda sudah menguasainya?

Richard Branson dan Warren Buffett menyatakan sebagaimana dikutip oleh Forbes.com, bahwa keahlian yang sangat penting untuk mendukung kesuksesan seseorang adalah komunikasi.

"Komunikasi adalah keahlian yang paling penting bagi setiap pemimpin yang harus dimiliki," demikian ungkap Branson.

Menurut pemilik grup perusahaan Virgin tersebut, keahlian komunikasi akan memisahkan Anda dari kerumunan orang. "Hari ini jika Anda ingin berhasil menjadi seorang entrepreneur, Anda juga harus menjadi seorang storyteller... Tidak cukup hanya menciptakan produk yang hebat; Anda juga harus bekerja untuk membuat orang-orang mengenal produk itu," demikian jelasnya.

Pebisnis asal Inggris ini menyadari dari awal ia berwirausaha bahwa untuk membuat perbedaan dalam bisnis ia harus bisa terhubung dan berinteraksi dengan orang lain. Branson menyatakan bahwa ia sudah terpesona dengan komunikasi dan entrepreneurship sejak ia memulai usaha pertamanya, yaitu majalah yang bernama "Student".

Branson hanyalah salah satu dari banyak pebisnis yang menganggap kemampuan komunikasi sangat penting untuk kesuksesan mereka, diantara mereka adalah Warren Buffett, seorang bisnisman, investor dan filantropis kelas dunia. Satu-satunya diploma yang dimiliki dan dipajang di kantor seorang Buffett hanyalah dari Dale Carnegie bidang public-speaking.

"Saya sangat takut untuk berbicara di depan umum sewaktu sekolah dan kuliah. Saya tidak bisa melakukannya," demikian penuturan Buffett kepada BBC. "Saya tidak memiliki diploma dari kuliah ataupun lulus sekolah, tapi saya punya diploma dari Dale Carnegie disana (ruang kantornya-red) karena hal itu mengubah hidup saya."

Warren Buffet percaya bahwa komunikasi yang efektif akan secara instan meningkatkan nilai seseorang. Saat berbicara di depan sekelompok pelajar Buffett berkata, "Saat ini saya akan membayar $100.000 untuk penghasilan Anda di depan nanti... Hal itu membuat Anda merupakan aset bernilai jutaan dolar jika 10% nya saja berbilai $100.000... Tetapi jika Anda meningkatkan nilai Anda 50% dengan memili keahlian komunikasi yang lebih baik, hal itu menambah $500.000 dalam istilah nilai modal. Datanglah pada saya setelah kelas ini dan saya akan membayar Anda $150.000." Dengan cara itu Buffett menempatkan "soft skill" dalam bidang komunikasi dalam bahasa modal yang nyata.

Dunia kerja dan juga bisnis semakin hari bukan bertambah mudah, namun sebaliknya akan semakin sulit dan persaingan akan semakin berat. Namun jika Anda ingin memberi nilai tambah pada diri Anda sendiri, maka keahlian yang Anda harus miliki untuk bisa dikenali di tengah kerumunan orang adalah komunikasi. Latih kemampuan komunikasi Anda hingga fasih, ramu dengan kreatifitas dan kejarlah impian Anda, maka sukses tidak akan jauh dari langkah Anda.


Sukses  tidak hanya diukur dari berapa banyak yang kita miliki, namun berapa banyak yang kita bagikan. Mari berbagi! Bagikan artikel ini lewat sosial media Anda dan bawa perubahan positif kepada hidup mereka. Dan jangan hanya berhenti disitu. Lakukan lebih dengan bermitra dengankami (Mitra CBN). More info, KLIK DISINI

Sumber : Forbes.com | Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami