ISIS Bebaskan Puluhan Kristen Asyur dengan Tebusan Tinggi

Internasional / 4 March 2016

Kalangan Sendiri

ISIS Bebaskan Puluhan Kristen Asyur dengan Tebusan Tinggi

daniel.tanamal Official Writer
3314

Gerombolan teroris ISIS (Islamic State of Iraq and Syria) membebaskan puluhan Kristen Asyur dengan tebusan yang sangat tinggi yaitu ,3 juta dolar (sekira Rp 57,6 milliar) pada Senin (22/2) lalu. Ke 43 orang yang dibebaskan ini merupakan kelompok terakhir dari 220 orang Kristen yang diculik ISIS Februari tahun lalu dari desa-desa dekat Tal Tamr.

Dirilis Newsweek, kelompok teroris membebaskan tawanan setelah menerima uang tebusan sebesar US$ 100.000 (Rp 1,34 miliar) per orang. Walaupun uang tebusan sudah disepakati markas ISIS di Raqqa, tidak disebut di mana pertukaran sandera dilangsungkan. Younan Talia Organisasi Demokratik Asyur (Assyrian Democratic Organization) mengatakan kepada The Associated Press bahwa kelompok teroris awalnya menuntut US$ 18 juta (Rp 241 miliar) untuk pembebasan para sandera, tapi angka itu diturunkan setelah berbulan-bulan negosiasi.

Beberapa kelompok bantuan Kristen berkolaborasi dengan para pemimpin suku Sunni yang berafiliasi dengan ISIS untuk memfasilitasi pembayaran tebusan ini, Newsweek menambahkan. Organisasi Bantuan Timur Gereja Assyiria (The Assyrian Church of the East Relief Organization/ACERO) yang memainkan peran dalam negosiasi pembebasan sandera, mengatakan dalam sebuah pernyataan di halaman Facebook-nya bahwa walaupun mereka merayakan keberhasilan ini, duka tetap menyelip saat mengingat saudara-saudara Asyur lainnya yang tewas di tangan ISIS.

Gerombolan terorisi ini telah membebaskan para sandera secara bertahap. Mereka melepaskan sandera 16 orang pada Januari 2016, 25 orang pada Desember 2015, 10 orang pada November 2015, dan 19 orang pada Maret 2015. 


Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami