Gereja Siap Digusur, Ini Pesan Pendeta GBI Kalijodo
Sumber: detik.com

Nasional / 29 February 2016

Kalangan Sendiri

Gereja Siap Digusur, Ini Pesan Pendeta GBI Kalijodo

Lori Official Writer
7400

Aktivitas penggusuran kawasan Kalijodo, Cakung, Jakarta Timur sudah mulai terasa sejak pagi tadi, Senin (29/2). Namun Gereja Bethel Indonesia (GBI) Kalijodo tampak sudah pasrah bila gedung gereja yang sudah berdiri selama 48 tahun itu harus digusur Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Ketenangan para jemaat tidak terlepas dari pesan terakhir yang disampaikan Gembala Sidang Timotius Sutomo saat ibadah yang digelar pada Minggu, 28 Februari 2016 kemarin.

Dalam khotbah yang disampaikannya, Timotius meminta jemaat agar terus beribadah dan jangan marah kepada Tuhan karena bangunan gereja akan segera diratakan dengan tanah. “Pada hari ini sebelum bangunan ini tidak ada lagi tapi kita masih punya satu kali kesempatan (beribadah). Kita masih punya iman bahwa Tuhan masih menyediakan tempat. Keadaan boleh berubah tapi kita enggak selesai di sini, kita enggak berakhir di sini,” ucap Timotius, seperti dilansir Satuharapan.com, Minggu (28/2).

Timotius mendorong para jemaat untuk terus melangkah maju dan tidak perlu marah kepada Tuhan dan situasi yang terjadi. Karena dia percaya bahwa GBI Kalijodo saat ini tengah mengalami proses penyempurnaan dari Tuhan. Dia mengibaratkan proses perkembangan ini seperti metamorphosis kepompong menjadi kupu-kupu.

Menarik sekali, ibadah terkahir kali gereja itu bahkan tampak begitu sederhana. Mulai dari khotbah yang tidak menggunakan pengeras suara sampai para jemaat hanya duduk beralaskan kertas koran dam tikar kecil. Penerangannya pun hanya berasal dari beberapa cahaya lilin yang menyala. Bahkan kidung pujian hanya dimainkan dengan iringan petikan gitar akustik dan tepukan cajon.

Kendati begitu, Timotius menegaskan bahwa pelayanan tidak sampai di situ. Ibadah gereja akan terus berjalan dimana pihak gereja rencananya akan kembali melakukan pelayanan di gedung baru yang akan disewa di sekitar Jalan Pangeran, Tubagus Angke. Gedung sewaan ini akan dipergunakan menunggu hingga gedung adanya gereja yang baru.

Sumber : Kompas.com/Satuharapan.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami