Manfaat Dan Waktu Tidur Yang Tepat Di Tempat Kerja
Sumber: shutterstock.com

Health / 24 February 2016

Kalangan Sendiri

Manfaat Dan Waktu Tidur Yang Tepat Di Tempat Kerja

Mega Permata Official Writer
2802

Dibeberapa kota-kota maju seperti Jakarta dimana banyak sekali para pekerja yang berjuang meraih kesuksesan. Tak peduli jam kerjanya yang padat dari pagi ketemu pagi, waktu yang ditempuh, serta kemacetan yang sering terjadi. Sudah biasa dilakoni oleh warga Jakarta. Hal-hal tersebut ternyata dapat memicu stress. 

Dari stress tersebut bisa menyebabkan prestasi yang merosot dikarenakan kelelahan dan kurangnya jam tidur. Peneliti tidur yang berasal dari Berlin, Prof. Ingo Fietze, mencemaskan beberapa negara industri maju dimana para warganya tidur dengan waktu pendek dan kualitas yang buruk. 

Prof. Ingo Fietze mengatakan, “Saat tidur siang pendek kita memasuki fase tidur setengah lelap. Dan fase ini selama 10 hingga 20 menit sudah cukup. Jika kita bangun kembali, bagusnya dari posisi tidur tidak nyaman, kita langsung segar. Dan kita akan menyadari, dua atau tiga jam ke depan kembali berstamina tinggi.” Seperti yang dikutip dw.com 

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari tidur siang;

Pertama, Mempertajam Panca Indera. Setelah tidur siang, suara dan warna akan terdengar dan terlihat lebih jelas, terang dan lebih tajam. Terlebih bagi para pekerja yang non-stop didepan layar komputer.

Kedua, Menjaga Berat Badan. Jika anda tidur lebih banyak akan berupaya mengurangi berat badan menjadi lebih efektif. Karena tubuh memperoleh istirahat dan rotasi yang diperlukan untuk keperluan metabolisme. Hasil studi juga menunjukkan, gizi dan vitamin yang dicerna lebih efektif pada saat anda tidur siang. 

Ketiga, Lebih Waspada. Istirahat yang cukup, penting agar kita tidak melakukan kesalahan pada saat bekerja.

Keempat, Energi Tubuh. Manusia membutuhkan tidur dua kali dalam sehari. Tanpa tidur siang, produktivitas akan turun dan suasana hati menjadi tidak stabil. Setelah tidur siang, detak jantung akan turun 5 persen dan kemampuan berkonsentrasi meningkatkan 30 persen. 

Kelima, Berpikir Lebih Positif. Para peneliti mengundang sekelompok untuk mengikuti sesi tanya jawab. Bagi mereka yang sudah tidur siang jawabannya lebih positif dibandingkan peserta yang tidak tidur siang sebelumnya. Para ahli mengatakan tingkat stress akan berkurang jika tubuh beristirahat dengan cukup.

Mulailah hidup sehat perhatikan asupan makanan dan waktu beristirahat. Tidur siang tidak hanya untuk anak-anak. Maka gunakan waktu istirahat anda dengan hal yang bermanfaat kurang lebih 15 menit untuk tidur. Dengan begitu peforma dalam bekerja akan semakin meningkat.

Sumber : Satuharapan.com/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami