5 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebagai Orang Tua
Sumber: Google

Parenting / 22 February 2016

Kalangan Sendiri

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebagai Orang Tua

Mega Permata Official Writer
2959

Sudah lama menantikan anak dan akhirnya anda diberikan kesempatan untuk merawat dan membesarkan sang buah hati oleh Tuhan. Sangat menyenangkan dengan adanya kehadiran sang buah hati ditengah keluarga kita. Tuhan menginginkan kita untuk mencintai, membimbing, membesarkannya  dan membentuk kehidupan anak-anak kita. Tuhan mempunyai rencana dan cara untuk kehidupan kita dan anak kita. Lalu bagaimana cara kita untuk dapat menjadi orang tua yang baik bagi anak kita?

Pertama, menjadi orang tua yang terlibat dalam kehidupan sang anak. Berbagi waktu dengan anak, baik secara fisik maupun mental. Walaupun setiap orang tua sibuk dengan kehidupannya masing-masing, entah dalam pekerjaan atau hal lainnya. Tetapi cobalah untuk berbagi waktu dengan sang anak agar anda dapat mengetahui masalah-masalah anak, apa yang diinginkannya, dengan bermain bersama atau mengevaluasi setiap hal yang anda lakukan bersama-sama.

Kedua, tetapkan beberapa aturan. Beberapa aturan diperlukan untuk membentuk karakter anak menjadi anak yang bertanggung jawab. Jika tidak mengatur sang anak sejak kecil, maka mereka akan kesulitan untuk mengatur dirinya sendiri ketika dewasa nanti. 

Ketiga, hindari disiplin yang terlalu keras. Tuhan tidak mengajarkan kita untuk berlaku kasar pada anak-anak. Patut kita hindari kekerasan dalam rumah tangga dan anak. Apapun kesalahan yang diperbuat sang anak jangan sampai kita memukul atau memakinya. Berilah setiap saran berikut penjelasan kepada mereka. Jelaskanlah segala peraturan dan keputusan yang dibuat untuk anak dengan cara baik-baik. Sehingga mereka akan lebih mengerti dalam bertindak.

Keempat, perlakukan anak dengan cara menghormati mereka. Berbicaralah dengan sopan, hormatilah pendapat-pendapat mereka, dengarlah ketika mereka sedang berbicara kepada anda. Jika ingin mendapat hormat dari sang anak, maka kita juga harus bisa menghormati mereka. Anda harus memberikan kebaikan yang sama antara anak anda dengan orang lain. Karena anak-anak akan memperlakukan orang lain sebagaimana orang tuanya memperlakukan mereka. Kita harus memberi contoh yang baik didepan anak.

Kelima, sesuaikan dengan anak. Dari hal diatas, pikirkan lagi cara mendidik anak yang sesuai dengan umurnya dan bagaimana mereka bertindak atau betingkah laku. Tetap awasi perkembangan sang anak karena mereka terus bertumbuh.  

Suatu kebahagian tersendiri bagi para orang tua bila melihat anak berkembang menjadi anak yang pintar, sehat dan patuh pada orang tuanya. Anda para orang tua adalah teladan bagi anak, sehingga kita juga bisa menjadi teladan yang baik mereka dan untuk itu kita semua harus mengikuti teladan dalam kasih Tuhan.


Sumber : CNNIndonesia.com/Jawaban.com/MegaPermata
Halaman :
1

Ikuti Kami