ISIS Hancurkan Biara Kristen Tertua di Irak
Sumber: DigitalGlobe via AP

Internasional / 21 January 2016

Kalangan Sendiri

ISIS Hancurkan Biara Kristen Tertua di Irak

Theresia Karo Karo Official Writer
4961

Islamic State of Iraq and Syria's (ISIS) menghancurkan biara Kristen tertua Irak yang berusia 1.400 tahun. Informasi ini didapat dari gambar-gambar satelit yang diperoleh oleh kantor berita The Associated Press.

Menurut seorang analis gambar Stephen Wood, biara Santo Elijah yang terletak di perbukitan Kota Mosul ini telah lama dihancurkan ISIS. Diperkirakan saat kelompok teroris ini berhasil merebut kota di Irak Utara, pada bulan Agustus dan September 2014.

“Buldoser, alat berat, palu, dan juga mungkin bahan peledak telah digunakan untuk untuk menghancurkan dinding-dinding batu ini menjadi debu abu-abu putih. Mereka telah menghancurkan sepenuhnya,” kata Wood.

Sementara itu, Pastor Paul Thabit Habib memperingatkan bahwa sejarah Kristen sedang dihancurkan secara brutal. “Kami melihatnya sebagai upaya untuk mengusir kami dari Irak, membasmi dan mengakhiri keberadaan kami di tanah ini,” terangnya.

Umat Kristen di Irak dan Suriah kerap menjadi sasaran kelompok teroris ini. Mulai dari menyita harta benda, memaksa pindah agama menjadi Islam, membayar pajak khusus, atau diusir keluar dari tempat asalnya.

Ini bukan yang pertama kalinya ISIS menghancurkan bangunan peninggalan sejarah. Sebelumnya, kelompok teroris ini juga menyerang beberapa biara dan gereja, termasuk situs-situs pra-Islam, seperti Nimrud, Hatra, dan Nineveh di Irak serta Palmyra di Suriah.

Biara Santo Elijah dulunya merupakan pusat komunitas Kristen di daerah tersebut selama berabad-abad. Banyak jemaat dari seluruh wilayah datang untuk berdoa bersama imam di sana. Pada tahun 1743, pasukan Persia memberi ultimatum kepada ratusan biarawan di sana untuk pindah agama menjadi Islam. Namun hal ini ditolak dan sebanyak 150 orang dibantai.

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik di sini.

Sumber : Bbc/Cbsnews.com | Theresia Karo Karo
Halaman :
1

Ikuti Kami