Mau Kerja Dari Rumah? Nego Yuk Sama Bos..
Sumber: Google

Career / 21 January 2016

Kalangan Sendiri

Mau Kerja Dari Rumah? Nego Yuk Sama Bos..

Puji Astuti Official Writer
4278

Sementara beberapa orang menikmati kejenakaan kantor dan percakapan di dekat mesin dispenser air dengan rekan kerja, jumlah orang yang ingin bekerja dari rumah terus meningkat. Menurut sebuah penelitian, 37 persen karyawan bersedia dipotong gajinya sebesar  10 persen jika mereka bisa bekerja dari rumah. Sebelum Anda keluar dari pekerjaan Anda saat ini dan mulai berburu untuk posisi freelance, pertimbangkan negosiasi  untuk bekerja dari rumah dengan atasan Anda saat ini sebagai gantinya.  Jika Anda ingin mulai bekerja dari jarak jauh, panduan ini akan membantu Anda mempersiapkan diri untuk negosiasi dengan atasan Anda.

1#  Mengumpulkan data

Mulailah dengan berbicara dengan departemen sumber daya manusia untuk membahas kebijakan perusahaan Anda tentang bekerja jarak jauh yang ada saat ini. Berapa banyak karyawan yang bekerja jarak jauh? Apakah mereka bekerja di departemen atau posisi yang sama dengan Anda? Apakah mereka dipekerjakan sebagai pekerja lepas? Berbicara dengan beberapa yang sudah melakukan hal ini  untuk mendapatkan ide yang lebih baik tentang bagaimana mereka melakukan negiosiasi sehingga bisa bekerja dari rumah dan bagaimana mereka tetap sukses bekerja dari jarak jauh.

2# Mengidentifikasi Tugas Anda yang Bisa Diselesaikan Dari Jarak Jauh

Bekerja dari rumah tidak bisa dilakukan untuk semua bidang pekerjaan. Beberapa tugas harus diselesaikan di tempat, terutama jika Anda bekerja secara langsung dengan pelanggan. Membuat daftar harian, mingguan, dan bulanan tugas Anda dan memisahkan mereka menjadi dua kolom - satu untuk proyek Anda dapat menyelesaikan jarak jauh, dan satu untuk tugas-tugas yang harus diselesaikan di kantor. Ini akan membantu Anda dan atasan Anda mengevaluasi peluang untuk bekerja jarak jauh.

3# Buat Pilihan

Semua orang suka pilihan. Jika bekerja dari rumah tidak umum di perusahaan Anda, mungkin sulit untuk bernegosiasi untuk penuh waktu kerja jarak jauh. Mengembangkan beberapa pilihan yang berbeda untuk diajukan  ke bos Anda yang mungkin mencakup  membuat jadwal Anda lebih fleksibel. Pilihan lain mungkin meliputi:

-  Bekerja 20 jam dari rumah dan 20 jam di kantor per minggu
- Datang dalam satu jam lebih awal dan meninggalkan satu jam lebih awal untuk menghindari jam sibuk

-  Bekerja empat hari 10 jam bukan lima hari delapan jam

4# Buat Pengajuan Anda Lengkap Dengan Statistik

Cara terbaik untuk mendapatkan persetujuan atasan Anda adalah datang  dengan data yang lengkap. Alih-alih hanya membahas mengapa Anda ingin bekerja dari jarak jauh, statistik tentang kondisi sistem kerja saat ini bisa menjadi penguat argumen Anda. Ada banyak penelitian yang menunjukkan bekerja jarak jauh dapat meningkatkan produktivitas, mengurangi stres, dan meningkatkan kepuasan kerja karyawan dan kebahagiaan secara keseluruhan.

5# Memiliki Jawaban Yang Tepat

Bos Anda mungkin memiliki banyak pertanyaan tentang bagaimana Anda berencana untuk berhasil bekerja jarak jauh. Bersiaplah dengan jawabannya  sebelum Anda bertemu dengan dia. Mengusulkan rencana untuk bagaimana untuk melacak pekerjaan Anda dan mengirimkan proyek. Mendiskusikan metode komunikasi, seperti program chatting, sehingga rekan kerja dapat dengan mudah berhubungan dengan Anda sepanjang hari. Jelaskan bagaimana Anda berniat untuk memastikan informasi perusahaan tetap aman ketika Anda bekerja dari  jarak jauh. Memiliki jawaban  atas setiap kemungkinan dari pertanyaan atasan Anda dapat membantu ketika bernegosiasi bekerja dari jarak jauh.

6# Buat Proposal

Sekarang bahwa Anda telah mengidentifikasi bagaimana Anda dapat bekerja dari jarak jauh, apa tugas yang dapat diselesaikan dari rumah, dan bagaimana Anda berniat untuk mempertahankan kesuksesan Anda, saatnya untuk mengkompilasi menjadi proposal. Dalam proposal Anda, Anda harus mencantumkan berikut:

-  Garis jadwal kerja yang disarankan
- Mengusulkan bagaimana dan kapan Anda akan memeriksa dan menyerahkan proyek selesai

-  Menggambarkan beberapa cara kerja jarak jauh yang akan menguntungkan perusahaan

7# Berbicara dengan supervisor Anda

Sebelum Anda pergi langsung ke bos dengan proposal, berbicara dengan manajer atau supervisor atasan Anda langsung tentang minat Anda untuk bekerja dari rumah. Bahkan jika ia tidak memiliki suara dalam keputusan, Anda tidak ingin membakar jembatan atau kemungkinan dukungan yang bisa Anda dapatkan. Pertemuan dengan atasan Anda langsung  juga memberi Anda kesempatan untuk berlatih mempresentasikan proposal Anda.

8# Cari Waktu yang Tepat

Waktu yang tepat adalah segalanya. Alih-alih santai berjalan ke ruangan bos dan menyarankan percakapan, akan lebih baik untuk mengajukan jadwal agar bisa bertemu dengan dia untuk memastikan dia akan memiliki cukup waktu untuk meninjau proposal Anda bersama-sama. Hindari mendekati atasan Anda jika ia mengalami hari yang buruk, dan akan lebih baik jika Anda datang setelah Anda berhasil menyelesaikan sebuah proyek besar.

Bekerja jarak jauh adalah impian bagi banyak orang - tapi bisa menjadi kenyataan untuk Anda jika Anda mempersiapkan terlebih dahulu untuk negosiasi dengan atasan Anda. Perlu diingat bahwa negosiasi sering melibatkan kompromi. Anda mungkin tidak mendapatkan semua yang Anda inginkan, tetapi jika Anda terbuka untuk solusi alternatif atau uji coba, Anda dan atasan Anda bisa datang ke solusi yang menguntungkan baik untuk  Anda maupun perusahaan.

Sukses  tidak hanya diukur dari berapa banyak yang kita miliki, namun berapa banyak yang kita bagikan. Mari berbagi! Bagikan artikel ini lewat sosial media Anda dan bawa perubahan positif kepada hidup mereka. Dan jangan hanya berhenti disitu. Lakukan lebih dengan bermitra dengankami (Mitra CBN). More info, KLIK DISINI

Sumber : Careersavvy.co.uk | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami