Presiden Jokowi Resmi Lantik Komite Ekonomi dan Industri Nasional

Presiden Jokowi Resmi Lantik Komite Ekonomi dan Industri Nasional

Theresia Karo Karo Official Writer
3294

Presiden Joko Widodo resmi melantik pimpinan dan anggota Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) di Istana Negara Jakarta, Rabu (20/1) pagi tadi. Pembentukan KEIN sendiri berdasarkan Perpres Nomor 8 Tahun 2016 tentang Komite Ekonomi dan Industri Nasional.

Usai pelantikan, Presiden Jokowi langsung mengadakan rapat bersama anggota komite selama 30 menit di tempat yang sama. Pertemuan ini membahas seputar jabaran tugas dan arahan pekerjaan komite ke depan.

Orang nomor satu di Indonesia ini berharap KEIN bisa membuat peta jalan di bidang ekonomi dan industri secara mendetail, termasuk rencana untuk 50 hingga 100 tahun di masa depan. “Meskipun kita sudah ada peta jalan ke depan untuk ekonomi dan industri, tapi dengan di-backup oleh KEIN ini akan memberikan sebuah perencanaan yang lebih detil jangka pendek, menengah maupun jangka panjang,” ungkap Presiden seperti yang dilansir dari Bisnis.com (20/1).

Selain itu, Presiden Jokowi juga menegaskan bahwa tugas utama KEIN adalah melakukan industrialisasi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. “Targetnya memang industrialisasi, hilirisasi, ekspor barang setengah jadi atau barang jadi sehingga ada nilai tambah. Tidak lagi kita ekspor komoditas mentah, tidak lagi kita ekspor bahan baku,” papar Presiden Jokowi.

Sebagai Ketua KEIN periode 2016-2020, Presiden Jokowi melantik politikus Partai Amanat Nasional Soetrisno Bachir. Sedang Arief Budimanta, yang merupakan politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dilantik sebagai Wakil Ketua KEIN.

Selain itu, Presiden juga melantik 17 anggota KEIN yang diisi oleh kalangan pengusaha, ekonom, akademisi, dan pelaku industri. KEIN merupakan pengganti Komite Ekonomi Nasional bentukan mantan Presiden Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik di sini.



Sumber : Bisnis/Tempo.co | Theresia Karo Karo

Ikuti Kami