Peringati Hari Pendatang & Pengungsi Dunia, Vatikan Gelar Misa Khusus

Peringati Hari Pendatang & Pengungsi Dunia, Vatikan Gelar Misa Khusus

Theresia Karo Karo Official Writer
2421

Paus Fransiskus menyambut 5.000 jemaat pendatang dalam misa khusus di Basilika Santo Petrus, Vatikan pada hari Minggu (17/1). Memperingati Hari pendatang dan pengungsi dunia, pemimpin umat Katolik di seluruh dunia ini mendorong mereka untuk menghargai budaya dan nilai-nilai berharga.

“Pendatang dan pengungsi terkasih, setiap kamu membawa cerita, budaya dan nilai berharga. Sayang, banyak di antara kamu mengalami penderitaan, penindasan dan ketakutan”, ujarnya, seperti yang dilapor AFP.

Paus ke 266 ini juga berpesan untuk tidak kehilangan pengharapan. “Kehadiran Anda di alun-alun ini adalah tanda pengharapan kepada Tuhan. Jangan biarkan dirimu kehilangan pengharapan dan suka cita kehidupan ini,” imbau Paus Fransiskus. 

“Yobel bagi pendatang”, seru Paus dalam peringatan yang juga bagian dari Tahun Yobel (Pembebasan) gereja Katolik tersebut. Tidak hanya itu, Paus juga mengapresiasi sikap kasih yang ditunjukkan masyarakat di Kota Vatikan dalam membantu dan menyambut para pengungsi korban perang.

Pada kesempatan yang sama Paus juga mengajak jemaat untuk berdoa bagi korban serangan di Jakarta pad Kamis lalu (14/1) dan 29 korban yang tewas akibat serangan kelompok ISIS (15/1), di ibukota Burkina Faso, Ouagadougou.

Usai doa bersama, ribuan pendatang itu diarahkan untuk masuk ke basiliki melalui salah satu ‘pintu kudus’ yang khusus dibuka pada tahun ini. Pada perayaan ini, dibawa juga Salib Lampedusa yang terbuat dari kayu kapal yang digunakan pendatang ke Roma.

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik di sini.

Sumber : Antaranews/Suara.com | Theresia Karo Karo
Halaman :
1

Ikuti Kami